Share

Mobil Remote Control Hasil Printer 3 Dimensi, Bisa Lari 50 Km/Jam

Anton Suhartono, Okezone · Kamis 29 Januari 2015 10:35 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 29 15 1098741 mobil-remote-control-hasil-printer-3-dimensi-bisa-lari-50-km-jam-n8zI9brdco.jpg Mobil remote control hasil printer tiga dimensi karya Art Center College of Design Passadena (Design Boom)

PASSADENA - Tak hanya kendaraan sungguhan, mobil remote control (RC) pun juga dibuat menggunakan teknologi printer tiga dimensi.

Sebuah tim yang terdiri dari tiga orang yakni Max Greenberg, Sammer Eleswarapu, dan Ian Cullimore, mengembangkan mobil RC hitam yang inspirasinya diambil dari mobil balap Formula 1 1950-an. RC mampu melaju dengan kecepatan sekira 50 km/jam. Mobil ini didesain di Art Center College of Design di Passadena, Amerika Serikat.

Penggerak roda menggunakan karet belt. Karet dihubungkan dari motor listrik ke roda belakang.

"Kami fokus membuat sebuah kendaraan yang mengombinasikan ilmu engineering masa lalu dengan keterampilan seni desain yang didapat di art center ini," ujar Greenberg seperti dikutip dari Autoevolution, Kamis (29/1/2015).

Ia menambahkan, sasis mobil dibuat mengambil inspirasi dari cara kerja kibasan tulang bagian dalam sayap burung. Keuntungannya, ada momentum di mana bobotnya ringan sehingga bisa mendukung akselerasi kendaraan. 

Untuk pencetakan struktur kendaraan, art center menggandeng perusahaan printer tiga dimensi bernama Solid Concept. Metode pencetakannya menggunakan teknologi selective laser sintering yang mempu menggunting bahan metal sekali pun.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini