Share

Kisah Mr Bean yang 2 Kali Celaka dengan Mobil McLaren F1-nya

Anton Suhartono, Okezone · Selasa 27 Januari 2015 05:44 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 26 15 1097355 kisah-mr-bean-yang-2-kali-celaka-dengan-mobil-mclaren-f1-nya-d9F7nx5wBx.jpg Mr Bean dua kali alami kecelakaan dengan McLaren F1 (grr.goodwood)
LONDON - Aktor komedi Rowan Atkinson atau dikenal dengan Mr Bean identik dengan mobil Mini lawas 1.000 Leyland model 1976. Mobil itu selalu digunakan Mr Bean, setidaknya di beberapa serial komedinya.
 
Namun itu di film, di dunia sesungguhnya, Atkinson ternyata memiliki koleksi mobil-mobil sport, seperti Honda NSX, Jaguar Mk7, Aston Martin DB2, Rolls-Royce Phantom Coupe, serta beberapa mobil lawas seperti Ford Falcon dan sebuah BMW 328 model 1939.
 
Satu lagi adalah McLaren F1 yang dibeli pada 1997 seharga 540 ribu poundsterling atau sekira Rp10 miliar. Mobil tersebut kini dijual. Tak tanggung-tanggung, Atkinson melepas mobil yang mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 3,2 detik itu dengan harga 8 juta poundsterling atau sekira Rp149 miliar.
 
Alasannya, mobil tersebut sudah dua kali mengalami kecelakaan. Kecelakaan terparah terjadi pada 2011, Atkinson kehilangan kendali sehingga bagian belakang McLaren F1 nya menabrak pohon hingga ringsek.
 
Beruntung mobil tersebut diasuransikan. Berapa klaim yang didapat pria berusia 60 tahun itu untuk memperbaiki mobilnya? Fantastis, 910 ribu poundsterling atau sekira Rp17 miliar.
 
Jumlah tersebut merupakan klaim asuransi tertinggi di Inggris untuk kasus kecelakaan mobil. Klaim tinggi itulah yang membuat harga jual McLaren F1 Atkinson ikut melambung. Mobil tersebut dijual melalui diler Taylor & Crawly milik David Clark yang juga mantan Direktur McLaren.
 
"Jika saya disuruh memilih apakah membeli McLaren F1 yang odometernya sudah 1.600 kilometer atau milik Rowan dengan odometer 65.600 km, saya akan pilih punya Rowan. Mobil itu punya sejarah yang menarik dan itu yang sebenarnya dicari orang. Mobil itu menunjukkan siapa pemiliknya dan banyak dari kolektor mobil memiliki sebuah F1. Jay Leno punya satu, Ralph Laurens punya lebih dari satu," tutur Clark seperti dikutip dari Dailymail.
 
Setiap orang yang ingin memiliki mobil yang punya cerita, maka F1 inilah yang tepat. "Terlepas dari kecelakaan itu, saya yakin Rowan menikmati setiap menit dengan mobil ini dan saya kira dia akan mengambilnya kembali jika sudah terjual," terangnya.
 
Sementara itu Atkinson mengaku tidak pernah menganggap mobil sebagai sebuah investasi. "Saya membeli mobil ini (McLaren F1) karena kualitas dan desainnya. Sekarang sudah waktunya mobil ini dinikmati orang lain," ungkap Atkinson kepada Daily Telegraph.
 
Pemeran Mr Bean’s Holiday itu menceritakan, ada kenangan lain selain liburan bersama dua anaknya menggunakan McLaren F1, namun kali ini adalah pengalaman buruk.
 
Pada Agustus 2011 mobilnya tergelincir, menabrak pohon, lalu terbakar, saat melintas di jalan licin di A605 dekat Peterborough. Bagian belakang mobilnya ringsek serta ada bagian dari mesinnya yang terlempar sejauh 20 meter. Ia sendiri lolos dari maut, namun menderita patah tulang bahu.
 
Para ahli McLaren membutuhkan waktu lebih dari satu tahun untuk memperbaiki mobil tersebut menjadi sedia kala.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini