Share

Swasta Pasti Tertarik dengan Mobil Listrik SMK Muhammadiyah

Nurul Arifin, Okezone · Sabtu 27 Desember 2014 17:13 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 27 15 1084566 swasta-pasti-tertarik-dengan-mobil-listrik-smk-muhammadiyah-jhz3mmgpRZ.jpg Pemprov Jatim siap memfasilitasi produksi mobil listrik SMK Muhammadiyah Suryawangsa 2 (Foto: Nurul Arifin/Okezone)
SURABAYA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur akan membantu pengembangan dan produksi massal mobil listrik buatan siswa SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Suryawangsa 2.
 
Mobil berbentuk mikrobus tersebut rencananya akan diproduksi massal pada 2015. Pemprov akan memfasilitasi pihak SMK dengan sejumlah pengusaha untuk mengembangkan dan memproduksi Suryawangsa 2.
 
"Kami akan membentu menawarkan. Siapa tahu ada pengusaha berminat untuk mengembangkan dan memproduksi hingga akhirnya diproduksi Massal,” tutur Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Harun, kemarin.
 
Setelah melihat langsung mobil listrik tersebut, Harun yakin ada pengusaha yang tertarik. Terlebih, saat ini banyak pihak membutuhkan kendaraan yang menggunakan energi alternatif serta ramah lingkungan. Namun, ia menilai masih ada beberapa hal yang perlu disempurnakan dari mobil tersebut.
 
“Butuh proses dan tidak mungkin langsung baik. Tentu nantinya ada pembenahan, seperti AC, setir, ban, dan bagian lain. Secara umum, pemerintah sangat mengapresiasi karya ini,” ungkapnya.
 
Pembuatan Suryawangsa 2 melibatkan para siswa dari lima kompetensi keahlian, yaitu Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Sepeda Motor, Teknik Ototronik, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, serta Teknik Komputer dan Jaringan. Sedangkan spesifikasinya photovoltaic (cell surya) berjumlah empat unit, tegangan 48 volt, arus peak power 4 ampere, dan daya (peak power) 168 WA.
 
Mobil ini berdimensi panjang 3.500 milimeter, lebar 1.600 milimeter, tinggi 2.200 milimeter, serta panjang wheelbase 3.000 milimeter. Sementara berat kosong kendaraan 850 kilogram.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini