Share

Mobil Listrik Suryawangsa 2 Tempuh Jakarta-Surabaya Tanpa Hambatan

Nurul Arifin, Okezone · Jum'at 26 Desember 2014 12:50 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 26 15 1084085 mobil-listrik-suryawangsa-2-tempuh-jakarta-surabaya-tanpa-hambatan-vdNDAChLXm.jpg Mobil listrik SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Suryawangsa 2 libas Jakarta-Surabaya tanpa hambatan (Foto: Santo/Okezone)
SURABAYA - Setelah menempuh perjalanan dari Jakarta selama delapan hari atau 822 kilometer, mobil listrik bertenaga surya buatan siswa SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Suryawangsa 2, tiba di Kantor Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur di Kota Surabaya, Jumat (26/12/2014).
 
Rombongan disambut Kepala Dinas Pendidikan Pemprov Jawa Timur, mewakili Gubernur Soekarwo yang berhalangan hadir.
 
Kepala SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, Pahri, mengatakan, Suryawangsa 2 melibas rute Jakarta-Surabaya tanpa hambatan.
 
Alhamdulillah Tour de Java Microbus Solar-Car Suryawangsa 2 berjalan lancar sesuai rencana. Mobil ini kuat dan tangguh. Tak ada kerusakan dan hambatan,” terang Pahri di acara penyambutan Suryawangsa 2 di Surabaya.
 
Sekali pun menempuh jalan rusak di jalur pantura, cuaca hujan dan banjir, serta tanjakan tajam, lanjut Pahri, mobil tanpa bahan bakar minyak itu mampu melaju dengan mulus.
 
 
Ia menambahkan, Suryawangsa 2 dikerjakan dalam waktu enam bulan melibatkan siswa dari lima kompetensi keahlian, yakni Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Sepeda Motor, Teknik Ototronik, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, serta Teknik Komputer dan Jaringan. Pembuatan mobil dengan kapasitas lima tempat duduk itu memakan biaya Rp107 juta, sudah termasuk riset.
 
Suryawangsa 2 merupakan generasi kedua dari mobil listrik bertenaga surya yang dibuat SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Suryawangsa 1 diperkenalkan pada 2012.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini