Share

Tiga Alasan SMK Muhammadiyah Bikin Mobil Listrik

Santo Evren Sirait, Okezone · Jum'at 19 Desember 2014 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 18 15 1081195 tiga-alasan-smk-muhammadiyah-bikin-mobil-listrik-P7xPAjDTHz.jpg F: Tiga Alasan SMK Muhammadiyah Bikin Mobil Listrik (Santo/Okezone)

JAKARTA - Pemanasan global (global warming), krisis dan kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi, menjadi isu paling penting saat ini. Terkait hal tersebut Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 7 Muhammadiyah Gondanglegi, Kabupaten Malang, Jawa Timur, berinisiatif membuat kendaraan yang bisa menjawab tiga permasalahan tersebut.

Setelah sukses dengan proyek mobil listrik generasi pertama, Suryawangsa 1, kini SMK Muhammadiyah 7 kembali merancang mobil tenaga surya generasi kedua yang diberi nama Suryawangsa 2 Arjuna.

"Latar belakang diciptakannya kendaraan ini jelas muaranya pada dua isu yang selalu hangat dibicarakan, yaitu krisis energi dan global warming. Mobil buatan kami save energi karena dia tidak menggunakan energi dari bahan bakar minyak tapi dia lebih mengoptimalkan cahaya matahari dan listrik. Jarang sekali ada teknologi transportasi yang menggunakan atau mengoptimalkan energi cahaya sebagai sumber energi. Yang kedua adalah global warming, saya pikir pemanasan global mayoritas disebabkan karena emisi gas buang kendaraan, selain bisa juga dari industri," ujar Achmad Muhtadi, Kepala proyek pembuatan mobil listrik SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi kepada Okezone di Gedung Dakwah PP Muhammadiyah, Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat, kemarin.

Selain dua faktor tersebut, Muhtadi menuturkan bahwa kendaraan ini bisa menjawab kebutuhan masa depan yang mengiginkan transportasi alternatif ramah lingkungan sekaligus memiliki kemampuan menampung banyak penumpang. Jika saat di Malang mobil didesain berkapasitas enam penumpang, maka untuk perjalanan Jakarta-Surabaya kapasitas tempat duduk diubah menjadi lima.

Seperti diberitakan, Suryawangsa 2 akan diluncurkan pagi ini. Acara peluncuran akan dihadiri Ketum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Rasyid Baswedan.

Setelah diluncurkan, Suryawangsa 2 langsung dibawa ke Surabaya. Di perjalanan, mobil mikrobus itu akan road show ke sekolah-sekolah Muhammadiyah guna memberikan motivasi kepada para siswa.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini