Share

Pilihlah Helm yang Tepat, Ini Caranya

Santo Evren Sirait, Okezone · Kamis 18 Desember 2014 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 18 15 1080940 pilihlah-helm-yang-tepat-ini-caranya-Kv7FokPpez.jpg F : Pilihlah Helm yang Tepat, Ini Caranya (Santo Evren/Okezone)

BOGOR - Salah satu perlengkapan keamanan yang wajib dikenakan pengendara motor adalah pelindung kepala alias helm. Namun sayangnya banyak pengendara yang asal dalam memilih helm atau menggunakan helm hanya sebatas mentaati peraturan undang-undang lalu lintas saja tanpa melihat kualitas helm yang digunakan.

Sebenarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih helm yang baik dan tepat. Berikut tips pemilihan helm yang diberikan oleh Irwan, Supervisor Cargloss Divisi Arai.

Pertama pilih helm yang sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI), dan yang paling penting adalah pilih jenis helm full face ketimbang model half face.

"Kalau pemilihan helm yang penting itu aman. Pilih yang helm full face dan open face (half face). Jadi saat ini masih ada orang yang pakai helm 3 per 4 face (model cetok) itu tidak di anjurkan karena tidak melindungi tulang rahang dan melindungi bagian belakang kepala hanya setengah, jadi usahakan memilih helm itu yang open face lebih bagus lagi pakai full face." terang Irwan di Cibinong belum lama ini.

Bicara soal bentuk fisik helm, Irwan menjelaskan di Arai bentuk helm wajib bulat tidak boleh ada siku atau tonjolan di shell (batok). "Boleh ada tonjolan tapi itu sebatas lubang ventilasi saja dan terbuat dari bahan yang tidak keras."

Menurut Irwan yang perlu diperhatikan juga adalah berat helm kira-kira satu sampai dua kilogram, ketebalan visor 2 sampai 3 mm agar tidak mudah pecah.

"Selain itu jika ingin membeli helm dengan double visor atau dua kaca, pilihlah double visor yang penempatannya di luar bukan di bagian dalam, untuk menghindarai adanya jarak ke styrofoam, jika ada jarak bisa berbahaya jika terkena benturan," katanya.

Bahan helm juga perlu diperhatikan, helm yang bagus itu harus keras artinya bukan keras seperti logam tapi terbuat dari bahan plastik berkualitas. Meski helm itu keras pada bagian dalam ada styrofoam sebagai peredam jika terkena benturan.

Terakhir adalah jangan pernah tertarik untuk membeli helm jenis Modular (gabungan helm half dan full face), karena helm jenis tersebut terbilang sangat berbahaya, jika seandainya terkena benturan dan bagian depan terlepas akibat benturan maka dagu pengendara dapat terluka.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini