Share

Aksi Wheelie Honda CBR1000RR di Atas Es Tercepat di Dunia

Anton Suhartono, Okezone · Kamis 18 Desember 2014 09:50 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 18 15 1080856 aksi-wheelie-honda-cbr1000rr-di-atas-es-ini-pecahkan-rekor-k56zwnymTy.jpg Wheelie tercepat di dunia oleh Robert Gull (Autoevolution)
STOCKLHOM - Rekor Guinness Book of Records wheelie sepeda motor tercepat di atas es dipecahkan seorang biker Swedia bernama Robert Gull. Di atas lintasan yang licin itu, ia memacu sepeda motornya dalam posisi roda depan ke atas dengan kecepatan 183,8 km/jam sejauh lebih dari 100 meter.
 
Gull menumbangkan rekor yang diciptakan Ryan Suchanek pada 2013 yang kecepatannya saat itu 176,2 km/jam. Demikian seperti dikutip dari Autoevolution, Kamis (18/12/2014).
 
Aksi berani itu dilakukan Gull itu di atas danau yang beku di utara Swedia. Ia menggunakan sepeda motor Honda CBR1000RR. Tidak ada perubahan khusus dari versi standar pabrikan terhadap motornya, hanya perubahan di fairing untuk meningkatkan tingkat aerodinamis.
Roda menggunakan Dunlop yang didesain untuk trek es.
 
Pria berusia 23 tahun itu melakukan tiga kali percobaan, di mana catatan waktu untuk ketiganya sudah berhasil mengalahkan rekor Suchanek. Namun Guinness Book of Records mengambil kecepatan tertinggi dari tiga percobaan tersebut.
 
Gull mengatakan, semakin sering ia mencoba maka tingkat kesulitannya semakin tinggi. Alasannya, kualitas lapisan es semakin rendah karena sudah digunakan. Selain itu permukaan yang beku membuat roda kehilangan traksi sehingga sepeda motor semakin sulit dikontrol.
 
Namun, kata dia, bagian tersulit dari semuanya adalah menjatuhkan kembali roda depan ke permukaan. Bagaimana pun ia puas dengan capaian ini dan berupaya memperbaharui catatan rekornya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini