Share

Jakarta Gagal Tekan Angka Kecelakaan Kendaraan

Santo Evren Sirait, Okezone · Kamis 27 November 2014 10:51 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 27 15 1071304 jakarta-gagal-tekan-angka-kecelakaan-kendaraan-3jfcumObVp.jpg F: Jakarta Gagal Tekan Angka Kecelakaan Kendaraan (Okezone)

JAKARTA - Sebagai bentuk komitmennya dalam menekan angka kecelakaan di jalan raya, PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) kembali mengadakan Penghargaan Indonesia Road Safety Award (IRSA) yang diselenggarakan Rabu (26/11/2014) bertempat di Thamrin Nine Ballroom, Jakarta.

Tiga kota diumumkan sebagai juara umum dari tiga kategori, kategori sedang dimenangkan oleh kota Probolinggo, kategori kota besar di raih Kota Balikpapan dan di kategori kota Metropolitan dipegang oleh Tanggerang.

Jakarta sebagai kota Metropolitan sekaligus Ibu Kota negara sangat disayangkan sekali tidak mendapat penghargaan tata kelola keselamatan di jalan (road safety) dalam kategori apapun. Padahal lalu lintas di Jakarta sangat padat dan perlu adanya tindakan yang bisa menekan angka kecelakaan.

"Jakarta tidak mendaftar ke IRSA, tapi direkomendasikan untuk ikut tapi setelah melalui serangkaian proses seleksi ternyata tidak satupun yang masuk penilaian dalam hal ini memenuhi kriteria 5 pilar keselamatan berlalu lintas." ujar Indra Baruna, Direktur Utama Adira Insurance disela-sela acara pemberian penghargaan IRSA, kemarin (26/11/2014)

Meski begitu pihak peyelenggara IRSA menginginkan adanya penambahan peserta yang mendaftar di tahun berikutnya, dan pihaknya akan lebih meningkatkan lagi mengenai penilaian.

"Ada banyak hal yang bisa kita tingkatkan terutama dalam hal sampling dan kedalaman survey dan bagaimana bisa di ikuti oleh banyak kota. Jadi mungkin analisanya bisa lebih di perdalam dengan statistik agar kedepannya lebih baik lagi." tambah Indra.

Berdasarkan data Korlantas Polri, kasus kecelakaan yang terjadi dalam kurun waktu 2014 di wilayah Jakarta mencapai 1.396 kasus.

Sebagai informasi, penilaian terhadap kota atau kabupaten terbaik dalam hal road safety management, berdasarkan 5 pilar road safety yang diterapkan oleh World Health Organization (WHO) yaitu Manajemen Keselamatan Jalan (Safer Management), Jalan yang Berkeselamatan (Safer Road), dan Kendaraan yang Berkeselamatan (Safer Vehicle), Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamatan (Safer User) dan Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan (Post-Crash Response).

Kota-kota yang dipilih untuk dilakukan survey ditentukan dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti jumlah kecelakaan, jumlah korban meninggal, jumlah penduduk, perbandingan jumlah penduduk dengan jumlah korban meninggal, serta berbagai pertimbangan lainnya yang relevan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini