Share

Beragam Cara Tekan Angka Kecelakaan di Jalan

Santo Evren Sirait, Okezone · Kamis 27 November 2014 08:55 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 27 15 1071269 beragam-cara-tekan-angka-kecelakaan-di-jalan-qqsUSGUx8P.jpg Penyerahan penghargaan ke kota yang berhasil mengelola keselamatan di jalan (Foto: Santo/Okezone)

JAKARTA - Tiga kota terpilih sebagai juara umum tata kelola keselamatan di jalan (road safety) dalam ajang Indonesia Road Safety Award (IRSA). Ada pun tiga kota tersebut adalah Kota Probolinggo (Jawa Timur), Kota Balikpapan (Kalimantan Timur), dan Kota Tangerang (Banten).

Tiga kota tersebut terpilih berdasarkan hasil survei tim IRSA yang berlandaskan lima pilar road safety yaitu manajemen keselamatan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan, dan penanganan pra dan pasca-kecelakaan.

Berdasarkan hasil survei tersebut, tim IRSA menilai rata-rata tiga kota terpilih berhasil menekan angka kecelakaan dan memperbaiki fasilitas jalan raya.

Untuk kategori kota sedang, Probolinggo yang terpilih. "Kondisi jalan rapih, lancar, tertib, dan mampu menekan angka kecelakaan dari 267 kasus kecelakaan pada 2013 menjadi 185 di tahun 2014,” beber Kemal Effendi Ghani, Pemimpin Redaksi SWA, saat membacakan juara umum kategori kota sedang, kemarin.

Untuk kategori kota besar, Balikpapan dinilai berhasil menerapkan kemanan berkendara dan mengurangi black spot.

“Kota Balikpapan sekira 85 persen terdiri dari perbukitan, banyak tanjakan, turunan, dan tikungan. Ketiganya berdampak besar pada angka kecelakaan, termasuk juga tanah longsor dan jalan berlobang. Balikpapan telah melakukan rekayasa dan perbaikan delapan black spot menjadi empat. Penataan angkutan umum dan angkutan barang dan larangan parkir di tepi jalan,” timpal Iskandar Abubakar, Ketua Global Road Safety Partnership Indonesia.

Sementara itu di kategori kota metropolitan, Tangerang dinilai aktif dalam memelihara badan jalan dan uji kendaraan.

“Rutin memelihara trotoar dan jalan, mengoptimalkan uji kendaraan secara berkala, memantau kedaraan umum, telah mendeklarasikan penandatanganan Kyoto, serta berhasil menurunkan angka kecelakaan dan meninggal sebanyak 473 kasus pada 2013 menjadi 116 kasus pada 2014." ujar Indra Baruna, Direktur Utama Adira Insurance.

Kota Tangerang telah menjalin kerja sama dengan Kota Kyoto di Jepang dalam hal pengelolaan transportasi dan lingkungan.

IRSA sendiri merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan penerapan sistem keselamatan di jalan raya, khususnya ditujukan bagi pemerintah daerah setingkat kabupaten dan kota.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini