Share

Tiga Kota Ini Sukses Tekan Angka Kecelakaan

Santo Evren Sirait, Okezone · Rabu 26 November 2014 16:25 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 26 15 1071025 tiga-kota-ini-sukses-tekan-angka-kecelakaan-SbvTTm3rEt.jpg F: Tiga Kota Ini Sukses Tekan Angka Kecelakaan (Santo / Okezone)

JAKARTA - Setelah sukses pada penyelenggaraan tahun lalu, penghargaan Indonesia Road Safety Award (IRSA) kembali di gelar tahun ini. IRSA menjadi bagian dari wujud komitmen, kontribusi, dan kepedulian nyata PT. Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) untuk menekan tingkat kecelakaan di jalan.

Ada tiga kota yang dinilai berhasil menerapkan tata kelola keselamatan di jalan (road safety), yaitu Probolinggo, Balikpapan dan Tangerang.

Dari hasil survey yang dilakukan oleh tim IRSA, rata-rata ketiga kota tadi berhasil menurunkan angka kecelakaan dan berhasil melakukan segala perbaikan mulai dari jalan raya sampai angkutan umum.

Kota-kota yang terpilih untuk dilakukan survey ditentukan dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti jumlah kecelakaan, jumlah korban meninggal, jumlah penduduk, perbandingan jumlah penduduk dengan jumlah korban meninggal, serta berbagai pertimbangan lainnya yang relevan.

Total ada 55 kota atau kabupaten terdaftar untuk mengikuti IRSA 2014, angka tersebut meningkat bila dibandingkan pada penyelenggaraan IRSA tahun lalu. Dari ke-55 peserta terpilihlah 15 kota atau kabupaten yang ditetapkan sebagai semifinalis, lalu kembali dikerucutkan menjadi 10 kota atau kabupaten yang lolos untuk dilakukan survey dan penjurian.

Mengenai penyelenggaraan IRSA yang kedua kalinya, Indra baruna, Direktur Utama Adira Insurance mengatakan, "Kami berharap penghargaan IRSA menjadi pemacu semangat pemerintah daerah untuk senantiasa memperlihatkan keseriusan dalam menarepkan tata kelola keselamatan di jalan raya yang harus dipatuhi secara sadar oleh seluruh element masyarakat. Kami percaya sinergi kepedulian dua arah antara pemerintah dan masyarakat akan turut berkontribusi dalam menurunkan tingkat kecelakaan di jalan raya."

Penganugerahan IRSA 2014 juga di dukung oleh pihak seperti Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Kementrian Perhubungan, Korlantas Polri, Kementrian Pekerjaan Umum, Kementrian Kesehatan, WHO, Global Road Safety Partnership, Roas Safety Association, dan Masyarakat Transportasi Indonesia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini