Share

Butuh Lima Tahun untuk Kembangkan Mesin Blue Core

Septian Pamungkas, Okezone · Senin 24 November 2014 16:17 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 24 15 1069954 butuh-lima-tahun-untuk-kembangkan-mesin-blue-core-VKwMxgfKjI.jpg F: Butuh Lima Tahun untuk Kembangkan Mesin Blue Core

BOGOR - Yamaha Indonesia akan membenamkan mesin Blue Core pada produk skutik terbarunya yang diperkenalkan saat gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMoS) 2014. Saat ini, mesin Blue Core baru dipasarkan di Vietnam dan Thailand lewat produk Yamaha Grand Filano.

Yamaha menyebut pengembangan mesin baru ini membutuhkan waktu hingga lima tahun. Dalam pengujian yang dilakukan Yamaha Jepang, mesin Blue Core berkapasitas 125 cc ini memiliki konsumsi bahan bakar hingga 54 kpl.

"Development engine Blue Core membutuhkan waktu lima tahun. Kira-kira sejak 2009 mesin ini sudah mulai dikembangkan," terang Ridwan Arifin, Staf Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing di Bogor belum lama ini.

Menurut Ridwan, warna biru pada logo Blue Core karena biru dikenal sebagai DNA MotoGP. "Sedangkan Core merupakan intinya teknologi," katanya.

Oleh karena itu, Yamaha berkeyakinan jika mesin baru ini lebih efisien namun tetap bertenaga. Lebih lanjut Ridwan menyampaikan jika kedepannya semua produk Yamaha akan menggunakan mesin blue core.

"Tiga tahun ke depan semua produk skutik Yamaha akan menggunakan mesin Blue Core." timpal Mohammad Masykur, Asisten General Manager Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing di tempat yang sama.

Berbeda dengan produk sebelumnya yang mengedepankan keunggulan dari satu bagian mesin seperti YM-JET FI ataupun Diasil Cilinder, pada model baru ini Yamaha ingin menunjukkan keutuhan sebuah mesin baru.

"Kali ini Yamaha tidak ingin bicara item by item, kalau sekarang kami menyebutnya menjadi satu kesatuan yakni Blue Core. Sebuah satu kesatuan konsep mesin yang menghasilkan efisiensi bahan bakar, tahan lama dan performanya bagus," tutup Masykur.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini