A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: mysqli::real_connect(): (HY000/2002): Operation timed out

Filename: mysqli/mysqli_driver.php

Line Number: 201

Backtrace:

File: /mainData/sites/web_apps/okeautos/apps_2019/models/db/Mdbdetail.php
Line: 12
Function: database

File: /mainData/sites/web_apps/okeautos/apps_2019/controllers/Read.php
Line: 20
Function: model

File: /mainData/sites/web_apps/okeautos/public_2019/index.php
Line: 320
Function: require_once

Ragam Istilah "Daleman" Mesin Motor : Okezone Otomotif

Ragam Istilah "Daleman" Mesin Motor

Septian Pamungkas, Okezone · Senin 24 November 2014 11:13 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 24 15 1069779 ragam-istilah-daleman-mesin-motor-JX4tVyyu0Z.jpg F: Ragam Istilah "Daleman" Mesin Motor (popularhotrodding)

JAKARTA - Jika Anda berkunjung ke bengkel untuk servis atau melakukan perawatan kendaraan, tentu sering mendengar istilah-istilah pada komponen mesin yang terlontar dari mulut mekanik. Istilah-istilah ini merupakan kata serapan yang kebanyakan berasal dari bahasa Belanda.

Penasaran dengan istilah "daleman" mesin yang dimaksud, simak uraian seperti yang disitat dari welovehonda.

Busi

Komponen kecil ini merupakan komponen penting pada mesin motor. Ternyata kata busi itu sendiri berasal dari bahasa Belanda yakni Bougie.

Seher

Komponen yang aslinya disebut piston ini berasal dari bahasa Belanda yaitu Zuiger. Kata yang seharusnya dibaca swiher ini menjadi seher ketika diucapkan oleh lidah orang Indonesia.

Laher

Komponen dengan nama lain Bearing ini sering disebut ketika salah satu roda motor bermasalah. Seperti contoh, "Laher rodanya sudah kena nih". Istilah pada komponen ini juga datang dari Belanda yaitu Lager.

Noken As

Komponen ini disebut Camshaft. Namun saat zaman Belanda, komponen ini disebut dengan Nokkenaas. Alhasil komponen inipun disebut Noken As. Komponen ini berfungsi untuk mengatur waktu membuka dan menutup klep sehingga klep bisa teratur pada saat motor bekerja.

Kruk As

Istilah ini datang dari bahasa Belanda yakni Krukaas. Maka komponen inipun kerap disebut Kruk As. Namun bahasa globalnya dinamakan Crankshaft.

Kiprok

Istilah komponen ini agam unik ceritanya. Menurut Sarwono Edhi dari Astra Honda Training Center, istilah Kiprok muncul karena dulunya komponen ini terbuat dari tembaga yang disebut Cuprum. Entah kesulitan menyebut atau bagaimana, komponen yang aslinya disebut Regulator/Rectifier (RR) ini akhirnya disebut kiprok.

Sepul

Salah satu komponen pada mesin ini tentu sudah familiar. Sepul yang berasal dari bahasa Belanda yakni Spoel ini merupakan generator mini dari gulungan tembaga yang mampu menghasilkan daya listrik. Biasanya daya listrik ini akan juga disimpan di aki untuk keperluan lampu dan klakson.

Keteng

Istilah komponen ini datang dari Belanda yakni Keten yang berarti rantai. Tapi di Indonesia sendiri nama rantai keteng melekat sebagai rantai yang berada di dalam silinder head.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini