Share

Mobil LCGC Ubah Ekspektasi Konsumen dalam Layanan Pelanggan

Santo Evren Sirait, Okezone · Jum'at 21 November 2014 12:50 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 21 15 1068831 mobil-lcgc-ubah-ekspektasi-konsumen-dalam-layanan-pelanggan-4CAJE9FeAn.jpg F : Mobil LCGC Ubah Ekspektasi Konsumen dalam Layanan Pelanggan (Okezone.com)

JAKARTA - Kehadiran mobil low cost green car (LCGC) menuai pro dan kontra dari berbagai kalangan, baik pemerintah maupun masyarakat. Terlepas dari pro dan kontra tersebut, lembaga konsultan dan riset automotif global, JD Power, menilai kehadiran mobil LCGC bisa mengubah ekspetasi konsumen di Indonesia, terutama dalam pelayanan.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi agen pemegang merek (APM) untuk memberikan pelayanan terbaik. Tak dipungkiri, penjualan mobil LCGC dari beberapa APM melonjak sejak diluncurkan pada 2013. Rata-rata segmen pasar mobil ini adalah kalangan muda.

"Market Indonesia itu bisa dikatakan cukup signifikan peningkatannya. Bisa dicontohkan Thailand, negara tersebut lebih dulu meluncurkan mobil murah. Kalau di Indonesia lebih kurang komposisinya mirip dengan Thailand. Dengan adanya LCGC tentunya akan ada perubahan dari ekspektasi konsumen. JD power juga melihat perubahan dari sisi generasi. Pastinya itu menyebabkan ekspetasi yang semakin meningkat. Generasi yang lebih muda, lebih modern, jadi eskpetasinya akan semakin meningkat." jelas Gerr Kuyntjes, Vice President JD Power Asia Pasifik.

Seperti diketahui, setiap tahun JD Power meneliti sikap konsumen terhadap pelayanan purnajual produsen automotif atau APM, khusunya roda empat. Hasil Customer Service Index (CSI) Study JD Power tahun ini menyebutkan Toyota Astra Motor (TAM) sebagai APM dengan peringkat tertinggi dalam pelayanan purnajual.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini