Share

Motor Bertenaga Tabung Gas 3 Kg Ini Bisa Melaju 250 Km

Abdul Rahem, Sindo TV · Jum'at 21 November 2014 11:14 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 21 15 1068793 motor-bertenaga-tabung-gas-3-kg-bisa-melaju-250-km-n7a0X1DDV4.jpg Motor berbahan bakar gas 3 kg karya siswa SMK di Sumenep (Dok: Abdul Rahem/Sindo TV)
SUMENEP - Hasil konversi bahan bakar minyak (BBM) jenis premiun ke gas yang dilakukan para siswa SMKN 1 Kalianget Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, cukup fantastis.
 
Satu tabung gas ukuran 3 kilogram dalam kondisi penuh bisa melajukan sepeda motor hingga jarak 250 kilometer. Sedangkan dengan uang yang sama yang dikeluarkan untuk membeli tabung gas 3 kg yakni Rp15 ribu (setara dengan hampir 2 liter premium, Rp8.500 per liter) hanya sanggup melajukan sepeda motor hingga jarak 60 sampai 70 kilometer.
 
"Satu tabung gas ukuran 3 kg dapat menempuh jarak 250 kilometer. Kalau menggunakan premium per liternya hanya 35 kilometer,” terang Angga Pratama, siswa Jurusan Teknik SMKN 1 Kalianget.
 
Ia menambahkan, tidak ada masalah dengan kecepatan sepeda motor karena performanya sama dibandingkan motor yang menggunakan premium.
 
"Sulitnya hanya di karburator, tapi itu bisa dimodifikasi,” tambahnya.
 
Ahmad Nadi, guru pembimbing siswa SMKN 1 Kalianget, mengatakan, pihak sekolah akan terus memfasilitasi siswa untuk terus mengembangkan dan menyempurnakan teknologi konversi tersebut.
 
Harapannya, kata dia, hasil karya para siswanya bisa membantu masyarakat meringankan beban pascakenaikan harga BBM.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini