Share

Audi Juga Punya Mobil Hidrogen, A7 Sportback H-Tron Quattro

Anton Suhartono, Okezone · Jum'at 21 November 2014 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 21 15 1068782 audi-juga-punya-mobil-hidrogen-a7-sportback-h-tron-quattro-xIaqADZXLQ.jpg Audi A7 Sportback H-Tron Quattro (Autobloggreen)

LOS ANGELES - Ajang Los Angeles Motor Show 2014 bisa dibilang menjadi ajang perang mobil masa depan berbahan bakar hidrogen. Toyota membawa mobil hidrogen konsep teranyarnya Mirai, Honda dengan FCV Concept, dan Audi memperkenalkan A7 Sportback h-tron quattro.

Audi mengklaim A7 Sportback hidrogennya bisa berakselerasi dari 0 sampai 100 km/jam dalam 7,9 detik dengan kecepatan maksimum 180 km/jam. Daya jangkaunya dalam kondisi tangki-tangki terisi penuh adalah 500 kilometer. Tidak ada polusi yang dihasilkan, pembuangannya hanya berbentu uap air yang sedikit.

Ada dua motor penggerak pada A7 Sportback. Kedua motor mampu menghasilkan tenaga 170 kW yang dialirkan langsung ke empat roda.

Dua motor listrik yang terdapat di depan dan belakang dapat mengalirkan tenaga ke empat roda secara sinkron. Masing-masing motor menghasilkan daya 85 kW dan secara fleksibel bisa naik menjadi 114 kW tergantung kebutuhan roda. Torsinya 270 Nm per motor.

A7 Sportback ini mengonversikan gas hidrogen menjadi listrik untuk menggerakkan roda.

“A7 Sportback h-tron quattro merupakan produk murni Audi yang sporty dan efisien. Mobil ini mengandung teknologi e-quattro, yaitu dua motor listrik yang menggerakkan empat roda. H-tron konsep ini menunjukkan bahwa Audi memiliki master produk berteknologi fuel cell,” jelas Ulrich Hackenberg, anggota Board of Management for Technical Development Audi, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (21/11/2014).

H pada kata h-tron berarti “hidrogen”. Secara keseluruhan, h-tron memiliki makna bahwa Audi melakukan ekspansi teknologi ramah lingkungan untuk diterapkan ke produk-produknya. H-tron menyusul teknologi e-tron dan g-tron yang muncul lebih dulu. 

Mobil hidrogen Audi ini juga diperkuat dengan tenaga plug in hybrid. Di dalamnya terdapat baterai lithium ion berkapasitas 8,8 kW yang dapat di-charge melalui soket atau bisa terisi ulang saat pengereman. Posisi baterai berada di tempat aman sehingga tidak akan terpengaruh dengan suhu panas hidrogen.

Bila mobil melaju sepenuhnya dengan kekuatan baterai mesin hybrid maka daya jangkaunya bisa mencapai 51 kilometer.

Ada empat tangki hidrogen di A7 Sportback h-tron yang ditaruh di depan as roda belakang. Bahan luar tangki dibuat dari carbon fiber reinforced polymer (CFRP), ringan namun sangat kuat. Sementara bagian dalamnya menggunakan alumunium. Empat tangki tersebut mampu diisi maksimum lima kilogram gas hidrogen dengan tekanan 700 bar. Setiap satu kilogram hidrogen dapat melajukan kendaraan sejauh 100 km. Dengan bobot 5 kg hidrogen maka jangkauannya bisa mencapai 500 km. Artinya, 1 kg hidrogen setara dengan 3,7 liter bensin (1 galon standar AS).

Karena gas buangnya hanya berbentuk air, knalpot A7 Sportback h-tron quattro terbuat dari plastik ringan.

Belum ada keterangan pasti kapan model produksi A7 Sportback akan mengaspal. Sementara rivalnya, yakni Toyota Mirai dan Honda FCV mulai dipasarkan tahun depan hingga 2017 dalam jumlah terbatas.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini