Share

Bagaimana Oktan Bisa Efisienkan Penggunaan Bahan Bakar?

Santo Evren Sirait, Okezone · Jum'at 21 November 2014 09:28 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 21 15 1068736 bagaimana-oktan-bisa-efisienkan-penggunaan-bahan-bakar-OVE86s4ctY.jpg F : Bagaimana Oktan Bisa Efisienkan Penggunaan Bahan Bakar? (Okezone.com)

JAKARTA - Berdasarkan penelitian yang dilakukan banyak kalangan selama lebih dari 15 tahun terungkap bahwa minyak atsiri bisa menjadi campuran bahan bakar minyak (BBM), seperti premium, pertamax, dan solar.

Para peneliti dari berbagai perguruan tinggi pun membuat produk yang mengandung minyak atsiri dengan nama Oktaniol.

Hasil penelitian tersebut kemudian dibawa ke Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi (Lemigas) untuk diuji kembali.

Hasilnya, BBM yang ditambahkan minyak atsiri bisa menurunkan gas buang sekira 30 persen dibandingkan yang tidak menggunakan atsiri. Selain itu hasil pembakaran BBM yang dicampur atsiri lebih sempurna, mesin jadi ringan, dan lebih responsif.

Minyak atsiri merupakan kata lain dari campuran tumbuh-tumbuhan sehingga tidak mengandung bahan kimia sama sekali. Dengan begitu mesin aman dari kerusakan.

"Oktaniol berbahan dasar minyak atsiri tanpa zat kimia. Oktaniol tidak mengandung lemak jenuh," jelas Sarifah Nurjanah, seorang peneliti atsiri.

Sehingga, lanjut dia, tidak terjadi pengendapan di ruang bakar. Selain itu, oktan tidak mengandung air sehingga tidak menimbulkan korosi pada bagian dalam mesin.

Oktan kini banyak digunakan untuk mengefesienkan penggunaan bahan bakar pascakenaikan harga BBM. Caranya dengan mencampurkan ke bahan bakar beberapa tetes per liter bahan bakar.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini