Share

Gelombang Recall Mobil, Produsen Tetap Gunakan Airbag Takata

Anton Suhartono, Okezone · Kamis 20 November 2014 14:13 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 20 15 1068323 gelombang-recall-mobil-produsen-tetap-gunakan-airbag-takata-RaDLEMWqeP.jpg Takata didesak menggenjot produksi inflator airbag (Foto: Reuters)
WASHINGTON - Takata Corporation akan mengalihkan produksi inflator airbag untuk mobil BMW dari Meksiko ke Jerman. Inflator tersebut akan digunakan untuk mengganti komponen cacat di mobil yang di-recall.
 
Takata saat ini menjadi perhatian dunia terkait recall belasan juta unit mobil di seluruh dunia, termasuk produk BMW. Airbag produksi perusahaan asal Jepang tersebut mengembang secara berlebihan saat mobil terlibat kecelakaan. Dampaknya, pecahan benda logam ikut terlontar sehingga bisa mengenai pengemudi dan penumpang.
 
Sejauh ini, kesalahan pada airbag tersebut sudah memakan lima korban jiwa, empat di antaranya berada di Amerika Serikat.
 
Akibat kejadian ini, badan keselamatan lalu lintas Amerika Serikat (NHTSA) mendesak Takata dan produsen mobil untuk mempercepat penggantian komponen airbag.
 

Salah satu upaya yang dilakukan Takata adalah memindahkan produksi inflator dari Meksiko ke pabrik di Freiberg di Jerman.

Juru Bicara Takata, seperti dikutip Reuters, Kamis (18/11/2014), Alby Berman, mengatakan, pengalihan produksi dikhususkan untuk inflator pesanan BMW. Saat ini pihaknya masih mempersiapkan dua line produksi di pabrik Jerman untuk menambah kapasitas.

Pihak BMW menegaskan, saat ini tidak mungkin mendatangkan inflator dari produsen lain. Karena itu BMW tetap mengandalkan pasokan dari Takata. Inflator tambahan tersebut akan tersedia mulai pertengahan Desember.

Sementara itu, Toyota dan Honda mempertimbangkan untuk membeli inflator dari perusahaan lain sehingga proses recall kendaraan bisa lebih cepat. Namun masalahnya, inflator produksi Takata belum tentu sejenis dengan yang diproduksi perusahaan lain.

Senada dengan BMW, produsen mobil Nissan Motor menyatakan tidak mungkin untuk mendatangkan inflator dari produsen lain. Solusi yang paling mungkin adalah mendorong Takata untuk meningkatkan produksi sehingga proses penggantian komponen bisa dilakukan secepatnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini