Share

Apa Pengaruh Kenaikan Harga BBM bagi Penjualan Motor Honda?

Anton Suhartono, Okezone · Kamis 20 November 2014 05:54 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 19 15 1067872 apa-pengaruh-kenaikan-harga-bbm-bagi-penjualan-motor-honda-GdWZx23dbG.jpg Kenaikan harga BBM turut mempengaruhi penjualan motor Honda (Ilustrasi, Foto: Okezone)
JAKARTA - PT Astra Honda Motor (AHM) memprediksi kenaikan harga BBM akan berpengaruh kepada penjualan sepeda motornya selama enam bulan.
 
Kami meyakini dampaknya tidak berlangsung lama. Kami memprediksi dalam waktu enam bulan penjualan akan kembali normal,” terang Direktur Marketing PT AHM, Margono Tanuwijaya, kepada Okezone, Rabu 19 November 2014.
 
Menurut dia, dampak penjualan sebenarnya bukan disebabkan langsung dari kenaikan harga BBM, namun kenaikan harga bahan pokok.
 
“Otomatis masyarakat akan lebih memilih untuk memenuhi kebutuhan pokok. Di sinilah efek daya beli masyarakat akan mulai terpengaruh dan berpotensi menekan permintaan motor,” terangnya.
 

Ia pun kembali menegaskan dampak tersebut tidak akan berlangsung lama. Apalagi Bank Indonesia sudah menaikkan suku bunga menjadi 7,75 persen demi mengimbangi dampak inflasi.

“Meski di sisi lain kebijakan penaikan suku bunga oleh BI berpotensi melemahkan industri pembiayaan, tapi kami tetap optimistis bahwa pertumbuhan industri sepeda motor akan cepat kembali stabil mengingat sepeda motor merupakan sarana tranportasi harian yang mudah dikendarai dan praktis,” pungkasnya.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), AHM menjual sebanyak 452.508 unit motor selama Oktober 2014. Jumlah tersebut merupakan 67 persen dari total penjualan motor produsen anggota AISI selama Oktober yakni mencapai 675.652 unit.

Motor skutik menyumbang penjualan tertinggi di mana Beat F1 laris sebanyak 202.956 unit. Disusul Vario125 sebanyak 92.167 dan Vario FI 55.693 unit. Segmen motor bebek menyumbang 44.682 unit.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini