Share

Toyota Sumbang Mobil Praktek ke Kampus

Nurul Arifin, Okezone · Rabu 19 November 2014 17:03 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 19 15 1067863 toyota-sumbang-mobil-praktek-ke-kampus-ZXUXkLNUpF.jpg F: Toyota Sumbang Mobil Praktek ke Kampus (Nurul Arifin / Okezone)

SURABAYA - Menyambut datangnya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Yayasan Toyota dan Astra (YTA) bagi-bagi mobil untuk sejumlah kampus di Indosesia. Mobil tersebut digunakan sebagai riset and development sumber daya manusia untuk menyongsong persaingan bebas pada 2015.

Untuk tahun ini sudah ada 32 unit mobil mulai dari Vios hingga Fortuner yang dibagi-bagikan ke sejumlah kampus di Indonesia, seperti ITB, USU, UNSURI dan UI.

Rouli H Sijabat, Public Relation YTA menyatakan, tujuan pembagian mobil ini untuk meningkatkan SDM sejumlah kampus menyongsong MEA tahun 2015.

"Untuk kali ini ITS kami berikan gratis mobil Fortuner dengan spesikasi mesin 4.000 cc. Mobil ini yang diekspor ke sejumlah negara di Timur Tengah. Ke depan, pihak kampus melakukan riset untuk industri otomitif di Indonesia," kata Rouli saat penyerahan mobil Fortuner di Kampus ITS Surabaya, Jalan Mulyorejo, Surabaya, Rabu (19/11/2014).

Selain mobil utuh, YTA juga membagikan 40 Engine ke sejumlah sekolah tingkat menengah di Sumatra, Jawa, Kalimantan, hingga Papua. Tujuannya adalah melakukan percepatan pembelajaran otomotif dengan alat peraga dari Toyota.

Pemberian ini, kata Rouli, tidak ada ikatan apapun dari pihak Toyota. Pihak kampus bebas melakukan pengembangan SDM. Termasuk kepada alumninya tidak harus bekerja kepada Toyota kedepannya.

Program pembagian mobil ke kampus dan Engine ke sekolah menengah memang mulai berlaku pada tahun ini saja. Sebelumnya, program Riset and Development YTA dititikberatkan pada pengembangan laboratorium mini. Masih kata Rouli, kedepan Toyota membutuhkan sumber daya manusia yang cukup banyak di Indonesia seiring dengan diterimanya sejumlah produk-produk Toyota di luar negeri.

"Saat ini sekitar 80 persen varian Toyota diproduksi di Indonesia dan sudah diekspor ke sejumlah negara seperti Fortuner, Vios, Avanza dan Agya. Untuk Fortuner paling banyak diminati di Timur Tengah. Sedangkan varian yang masih mengandalkan Impor adalah Hilux, Camry dan Corolla dari Thailand, kemudian Alpard dari Jepang. Kami menerapkan 80 persen konten lokal," jelasnya.

Penyerahan mobil Fortuner di ITS ini dihadiri oleh Dirjen Kerjasmas International Kementrian Perindustrian Agus Tjahajana, Mantan Rektor ITS M Nuh, Wakil Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Hermanto Dardak, Rektor Universitas Multimedia Nusantra Ninok Leksono, dan Direktur Korporat dan hubungan eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia I Made Dana Tangkas.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini