Share

Pemerintah Ingin Produsen Motor Perbanyak Komponen Lokal

Santo Evren Sirait, Okezone · Jum'at 31 Oktober 2014 13:08 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 31 15 1059279 pemerintah-ingin-produsen-motor-perbanyak-komponen-lokal-O2cO5FBupW.jpg F: Pemerintah Ingin Produsen Motor Perbanyak Komponen Lokal (Okezone)
JAKARTA - Pasar roda dua di Indonesia melaju cukup pesat. Beragam produk motor diluncurkan tiap tahunnya. Tentu motor yang masuk ke pasar nasional dinilai sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Namun disisi lain, pemerintah berharap setiap produsen motor yang ingin menghadirkan produk baru ada baiknya menggunakan komponen lokal supaya industri di Indonesia ikut mengalami perkembangan.

"Para produsen tentu melihat dari sisi kebutuhan konsumen, apa yang dibutuhkan konsumen itu yang dibuat. Tapi untuk industri sendiri, kita mendorong supaya apapun yang dibuat itu sebanyak-banyaknya menggunakan komponen lokal, jadi dari sisi komersial itu kebutuhan masyarakat tentu dari sisi produsen kita apapun yang dibuat kita harapkan menggunakan komponen lokal." Ujar Ferry Yahya, Staf Ahli Menteri Perindustrian Bidang Pemasaran, dan Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri di Jakarta beberapa waktu lalu.

Mengacu pada kendaraan roda empat di tanah air, ada ragam produk yang dikenal dengan program Low Cost and Green Car. Seperti diketahui, program dari pemerintah tersebut mengharuskan produsen mobil menggunakan 80 persen komponen lokal, apakah program yang sama bisa di terapkan ke roda dua?

Pemerintah sendiri belum berencana mengarahkan program tersebut untuk roda dua, namun masih berharap produsen motor menggunakan komponen lokal sebanyak-banyaknya.

"Sebenarnya yang kita arahkan, pertama dia (motor) efisien dari sisi penggunaan emisi, sisi keselamatan dan nyaman itu yang kita harapkan, kemudian yang tentu sebanyak mungkin menggunakan komponen lokal, oleh karena itu kita harapkan semakin banyak industri-industri komponen untuk dikembangkan di Indonesia terutama yang kita harapkan adalah Jepang bisa berinvestasi di Indonesia dan bekerja dengan perusahaan lokal." tutup Ferry.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini