Share

Permasalahan Airbag Tak Bisa Selesai dalam 1-2 Bulan

Anton Suhartono, Okezone · Jum'at 31 Oktober 2014 09:58 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 31 15 1059274 permasalahan-airbag-tak-bisa-selesai-dalam-1-2-bulan-G4hYrLSyLo.jpg Permasalahan pada airbag Takata tidak bisa selesai 1-2 bulan (Ilustrasi, Foto: Reuters)
WASHINGTON - Permasalahan airbag pada produk Takata tampaknya tidak bisa diselesaikan dalam waktu dekat. Dibutuhkan waktu berbulan-bulan karena produsen suku cadang tersebut tidak bisa menyediakan pengganti inflator airbag secara serentak untuk jutaan unit mobil.
 
Takata menyuplai airbag untuk berbagai produsen kendaraan, seperti Honda, Toyota, Nissan, Ford, General Motors, dan lainnya. Total kendaraan yang di-recall pun mencapai jutaan unit.
Badan keselamatan lalu lintas AS, National Highway Traffic Safety Administrastion (NHTSA), meminta produsen kendaraan memprioritaskan recall dilakukan di daerah-daerah dengan karakter suhu panas dan kelembaban udaranya tinggi. Pasalnya, dampak dari permasalahan airbag ini dirasakan di daerah dengan iklim cuaca seperti itu. Penggantian inflator secara total belum bisa kelar, bahkan sampai Februari 2015.

Kasus kesalahan pada airbag tersebut telah memakan empat korban jiwa di AS. Permasalahan itu pula memaksa produsen-produsen kendaraan untuk me-recall lebih dari 10 juta unit sejak kasus ini pertama diketahui, yakni 2008.

"Harus diselesaikan sesegera mungkin untuk menghindari terulangnya kejadian ini,” ujar Deputy Director NHTSA, David Friedman, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (31/10/2014).
 
Sementara perbaikan dilakukan, dia juga meminta produsen kendaraan mengecek airbag-airbag di produk mereka. Jika hasil pengecekan itu ada indikasi kesalahan pada inflator atau bagian lainnya, produsen kendaraan diminta segera melakukan aksi nyata dengan mengumumkan recall. Produsen juga diminta mengintensifkan pemberitahuan kepada para pengemudi akan permasalahan ini.
NHTSA juga sudah mengirimkan surat kepada Senior Vice President Takata, Kazuo Higuchi, untuk meminta informasi sejauh mana perusahaan tersebut dapat memproduksi suku cadang pengganti inflator.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini