Share

Bosch Jajaki Sistem ABS untuk Motor di Indonesia

Santo Evren Sirait, Okezone · Kamis 30 Oktober 2014 16:51 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 30 15 1059003 bosch-jajaki-sistem-abs-untuk-motor-di-indonesia-ipBwyeN7zs.jpg F: Bosch Jajaki Sistem ABS untuk Motor di Indonesia (Santo / Okezone)

JAKARTA - Saat ini pengaplikasian teknologi Anti-lock Braking System (ABS) untuk sepeda motor hanya terbatas di tipe motor tertentu saja. Padahal teknologi tersebut sangat penting untuk diaplikasikan ke semua jenis motor sebagai fitur keselamatan.

Saat ini pabrikan komponen asal Jerman, Bosch, sedang melakukan pendekatan dan berdiskusi secara mendalam ke hampir semua pabrikan motor termasuk di Indonesia. Tujuannya agar semua motor yang diproduksi massal dapat mmengaplikasikan sistem ABS.

"Sekarang Bosch sedang mengadakan diskusi yang sangat mendalam dengan seluruh manufacturing yang ada di Indonesia untuk kemungkinan mengaplikasikan ABS di kendaraan roda dua, dan mereka sudah sangat paham betapa pentingnnya aplikasi komponen ABS di sepeda motor." jelas Wilko Block, Strategic Marketing Manager Chassis System Control Division, Bosch.

"ABS dulu hanya untuk motor besar karena dulu beratnya saja sampai 4 kg tapi sekarang dengan komponen ABS yang sangat kecil dan ringan ini itu bisa diaplikasikan ke semua sepeda motor sehingga nanti bisa dipakai ke motor-motor yang harganya lebih murah." tambahnya.

Meski bisa diaplikasikan ke semua jenis motor, namun Bosch tidak menjual produk ABS secara perorangan atau ke bengkel-bengkel, hal ini dimaklumi karena pemasangan komponen harus terintegrasi dengan sistem kelistikan motor sehingga hanya bisa dilakukan oleh pabrikan yang mengeluarkan motor.

"Produk kami tidak dijual terpisah harus dipasang saat proses perakitan motor karena ABS harus terintegrasi dengan sofware sistem dan segala macamnya sehingga untuk memastikan keamanan, karena dipasang sendiri akan sulit dilakukan." jelasnya.

Keputusan pemasangan ABS di setiap motor tergatung dari pabrikan. Bosch terus berusaha melakukan diskusi kepada pabrikan motor di Jepang dan di Indonesia. Mengenai kapan ABS bisa diaplikasikan ke semua jenis motor di Indonesia, sepertinya tidak hanya tergantung kepada pabrikan saja tapi juga seberapa pedulinya masyarakat akan fitur keselamatan yang bisa menguntungkan si pengemudi.

"Jika masyarakat sudah peduli terhadap hal ini penggunaan ABS akan semakin mudah direalisasikan disemua jenis motor yang ada di Indonesia." terang Wilko.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini