Share

Pemilihan Ban yang Tepat Dapat Menentukan Kenyamanan

Arief Aszhari, Okezone · Sabtu 25 Oktober 2014 11:15 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 25 15 1056767 pemilihan-ban-yang-tepat-dapat-menentukan-kenyamanan-iXENxzfh6a.jpg F: Pemilihan ban yang tepat dapat menentukan kenyamanan (Arief / Okezone)

SENTUL - Tidak perlu dipungkiri lagi jika sebuah supercar memiliki performa dahsyat dan tingkat kenyamanan yang mumpuni. Salah satu faktor kenyamanan pada supercar berada pada pemilihan ban yang tepat.

Sebagai satu-satunya perangkat mobil yang bersentuhan dengan jalan, ban haruslah memiliki standar atau kualitas terbaik guna mendukung performa sebuah kendaraan. Maka dari itu, Michelin sebagai ban OEM Porsche telah menyediakan ban dengan spesifikasi khusus dengan kode N.

"Setiap mobil sport bisa ada sistem elektronik dan sensor pada ban. Bila yang digunakan tidak sesuai maka karekteristik, handling, tidak sempurna karena distribusi beban tidak baik dan ini mempengaruhi performa keseluruhan," ujar Alfons Abikaryono, Product Marketing Michelin Indonesia di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

"Dengan kerjasama antara Michelin dan Porsche sejak 2002 maka tercipta ban dengan kode N untuk Panamera, 911 Carrera, Boxster, Cayman, dan Cayenne," tambahnya.

Lebih lanjut Alfons mengatakan, dengan kode N tersebut pihaknya sangat tidak menyarankan mencampur ban dengan kode N dengan ban tanpa kode N, ataupun kode N dengan nomor seri yang berbeda.

"Jika pengguna Porsche mengkombinasikan ban yang berbeda maka akan berpengaruh pada handling dan performa keseluruhan," tutupnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini