Share

Jokowi & Prabowo Harus Jadi Panutan Anggota DPR

Tri Kurniawan , Okezone · Kamis 02 Oktober 2014 09:04 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 02 339 1047185 PrRmUMBrFt.jpg Jokowi dan Prabowo
A A A

JAKARTA - Joko Widodo dan Prabowo Subianto didorong untuk saling berjabat tangan. Keduanya harus menjadi panutan bagi anggota Koalisi Indonesia Hebat dan Koalisi Merah Putih di DPR.

"Elite harus jadi role model (panutan), elite harus jauh lebih dewas. Mereka (Jokowi dan Prabowo) bertemu dan saling memberi selamat," kata pengamat politik Gun Gun Heryanto kepada Okezone, Kamis (2/10/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Untuk diketahui, sidang perdana anggota DPR periode 2014-2019 kemarin berlangsung ricuh. Penyebabnya, kubu Indonesia Hebat menuding politikus Golkar dan Gerindra, Popong dan Ade Rezki Pratama berat sebelah dalam memimpin sidang.

Politikus PDIP Adian Napitupulu dan Masinton Pasaribu maju ke meja pimpinan sidang sambil menunjuk-nunjuk Popong dan Ade Rezki Pratama.

Gun Gun melanjutkan, sah-sah saja jika dua kubu itu bertarung di parlemen, karena pemerintahan ke depan di bawah kepemimpinan Joko Widodo-Jusuf Kalla harus dikontrol. Tapi, anggota dewan harus tetap mengedepankan etika dalam menyampaikan pendapat.

Jabat tangan Jokowi dengan Prabowo diharapkan bisa mendinginkan suasana panas di Senayan. Menurut Gun Gun, jangan ada rintangan komunikasi antara Jokowi dan Prabowo. Keduanya harus bertemu saling memberi selamat.

"Memang susah mempertemukannya dalam dimensi yang sama, tapi bisa secara simbolik untuk pendidikan politik bahwa pertarungan di politik itu biasa. Sudah selayaknya sebagai demokrat mereka mengakui kekalahan dan kemenangan," ucap Gun Gun.

Lebih dari itu, Gun Gun mengatakan, kericuhan di DPR semalam dan dini hari tadi memperlihatkan para anggota dewan memiliki tingkat ego yang tinggi dalam membangun hubungan antar kekuatan.

"Harusnya jauh lebih beradab dalam berpolitik, terlebih Jokowi dan Prabowo jadi role model," paparnya.

(trk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini