Share

Atletico Nodai Rekor Mulus Juve

Arief Hadi Purwono, Okezone · Kamis 02 Oktober 2014 03:57 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 02 261 1047133 ZQmeuyM1sc.jpg Atletico Madrid menang dengan skor 1-0 kontra Juventus (Foto: Reuters)
A A A

MADRID – Atletico Madrid berhasil mentuntaskan kekalahan di laga perdana kontra Olympiacos, dengan kemenangan tipis 1-0 kontra Juventus di Vicente Calderon. Satu-satu gol di pertandingan ini tercipta oleh Arda Turan. Gol yang merusak rekor tak terkalahkan La Vecchia Signora dan tanpa kebobolan di awal musim ini.

Pertandingan ini pun tak ubahnya pertandingan ‘dua tim petarung’ karena sama-sama berjuang dan gigih dalam merebut bola. Terbukti dengan kerasnya pertandingan kedua tim dengan permainan fisik yang memaksa wasit Felix Brych dari Jerman mengeluarkan delapan kartu kuning!

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Masing- masing untuk Cristian Ansaldi, Raul Garcia, Stephan Lichtsteiner, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Paul Pogba, Alvaro Morata dan Sebastian Giovinco.

Babak Pertama

Manajer Atletico Madrid, Diego ‘Cholo’ Simeone kembali ke pinggir lapangan untuk mendampingi skuadnya setelah menjalani sanksi larangan mendampingi tim. Namun dalam laga ini, Simeone tak dapat menurunkan kapten tim Gabi akibat cedera.

Sebagai gantinya ia memainkan Koke di tengah bersama Tiago. Sementara dari tim tamu, Massimiliano Allegri menurunkan tim terbaiknya, termasuk Fernando Llorente yang mengenal baik sepakbola Spanyol karena pernah memperkuat Athletic Bilbao (2005-2013).

Bertindak sebagai tim tamu, tak membuat Juventus bermain bertahan. Mereka justru mampu menekan Atletico di menit-menit awal babak pertama ini dan mencoba mengambil alih penguasaan bola. Namun hingga 15’ menit permainan, belum ada gol yang tercipta.

Ketatnya pertarungan di lini tengah kedua tim, belum membuat Gianluigi Buffon dan Miguel Angel Moya melakukan penyelamatan krusial hingga menit ke-23’ ini. Pertahanan kedua tim pun masih solid.

Mario Mandzukic! Tendangan keras ia lakukan di menit 23’, setelah melepaskan topengnya untuk melindungi hidungnya pasca patah tulang. Eks penyerang Bayern Munich ini membuat Buffon melakukan penyelamatan pertamanya.

Kuatnya pertahanan kedua tim, membuat banyak pemain berspekulasi melakukan tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti. Seperti yang dilakukan Paul Pogba di menit 32’, beruntung bola sepakannya hanya melebar di kiri gawang Moya.

Pertarungan dua tim ‘petarung’ ini terbukti apa nyata, karena kedua tim sama-sama mengandalkan kekuatan fisik untuk mencegah serangan lawan. Satu kartu kuning telah dikoleksi bek Juventus, Leonardo Bonucci di babak pertama yang berkesudahan 0-0 ini.

Babak Kedua

Intensitas permainan berjalan sama dengan babak pertama di awal babak kedua ini. Perubahan pun dilakukan lebih awal oleh Simeone dengan mengganti Saul yang tidak efektif . Ia memasukkan Antoine Griezmann sebagai penggantinya di menit 53’.

Juventus terselamatkan oleh kemungkinan penalti di menit 57’. Umpan mendatar Arda Turan tak dapat diteruskan dengan baik oleh Mandzukic, dan Martin Caceres yang tak siap membuang bola tersebut, terlihat kamera menyentuh bola dengan tangan kirinya. Wasit menghiraukannya karena tangan Caceres terlihat tidak aktif.

Turan! Akhirnya gol tercipta di pertandingan ini. Seisi Vicente Calderon pun bergemuruh menyusul gol pemain asal Turki itu yang menyambut umpan silang Juanfran di menit 74’. Turan menyambar bola lebih cepat dari Stephan Lichtsteiner, dan membuat Buffon mati langkah. 1-0 Atletico membuka keunggulan.

Hampir saja Raul Garcia membuat kedudukan menjadi imbang di menit 79. Beruntung sapuannya yang mengarah ke gawang timnya sendiri, hanya melebar tipis untuk tendangan sudut. Juventus mulai ganti menekan untuk mencari gol penyama kedudukan.

Simeone coba mengamankan keunggulan dengan memasukkan gelandang, Mario Suarez menggantikan Mandzukic. Permainan disiplin pun diperlihatkan Atletico hingga akhir laga melawan Juventus yang menekan, skor 1-0 untuk kemenangan tim tuan rumah bertahan.

Susunan Pemain:

Atletico Madrid: Miguel Angel Moya, Miranda, Diego Godin, Cristian Ansaldi, Juanfran, Saul (Antoine Griezmann 53’), Tiago, Koke, Arda Turan (Guilherme Siqueira 89’), Raul Garcia, Mario Mandzukic (Mario Suarez 82’)

Juventus: Gianluigi Buffon, Martin Caceres (Roberto Pereyra 77’), Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Stephan Lichtsteiner (Sebastian Giovinco 88’), Arturo Vidal (Alvaro Morata 81’), Paul Pogba, Patrice Evra, Claudio Marchisio, Carlos Tevez, Fernando Llorente

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini