Share

Indonesia Bersyukur Miliki Pancasila

Rachmad Faisal Harahap , Okezone · Rabu 01 Oktober 2014 09:50 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 01 373 1046704 0Qq2M5WdMQ.jpg Indonesia bersyukur miliki Pancasila. Presiden SBY dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila. (Foto: Rachmad Faisal/Okezone)
A A A

JAKARTA - Setiap 1 Oktober, rakyat Indonesia memeringati Hari Kesaktian Pancasila. Upacara peringatannya pun digelar di tempat bersejarah, Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Berkaitan dengan Hari Kesaktian Pancasila, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti mengaku sangat bersyukur karena Indonesia masih mempunyai Pancasila. Ideologi negara ini sangat berarti di tengah-tengah kehidupan yang hura-hura dan terancamnya keberagaman di Tanah Air.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Pancasila dapat melindungi perbedaan-perbedaan. Keragamaan itu yang paling fundamental, betapa penting memiliki keberagaman," ujar Wiendu, di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Rabu (1/10/2014).

Wiendu melanjutkan, Indonesia harus selalu merujuk kembali ke Pancasila sebagai refleksi dari semua pilar-pilar kekuatan berbangsa dan bernegara. 

"Kami akan meresmikan Museum Balai Kirti yang di dalamnya ada sejarah kebangsaan, UUD 1945 hingga Sumpah Pemuda. Museum ini terletak di Istana Bogor," ucapnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini