Share

Sosial Media Bisa Jadi Bumerang untuk Karier

Rachmad Faisal Harahap , Okezone · Senin 29 September 2014 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 29 373 1045627 vh1Z5sAAfi.jpg Sosial Media Bisa Jadi Bumerang Untuk Karier (Foto:Reuters)
A A A

JAKARTA - Pernah mendengar karyawan dipecat karena menulis hal negatif mengenai perusahaan di mana karyawan bekerja.

Melansir CareerBuilder, Senin (29/9/2014), masih banyak kasus pemecatan dikarenakan karyawan menulis sesuatu  merugikan perusahaan. Dengan berkembangnya era blogging dan media sosial hampir seluruh karyawan memiliki akun twitter maupun Facebook, terkadang mereka tidak sadar di mana seharusnya mereka mencurahkan kehidupan pribadi dan kehidupan profesionalnya di akun media sosial mereka.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Apalagi, saat ini banyak manajer HRD yang menilai perilaku karyawan tidak hanya di dalam kantor, tapi juga di luar kantor. Jagalah etika ketika bersosialisasi di dunia maya.

Sebelum menulis status di media sosial, alangkah baiknya ikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Santunlah dalam berkata-kata di status akun sosial media karena akan merusak citra.

2. Ketika sedang izin tidak masuk, janganlah membuat status yang memberitahukan kalau kalian sedang pergi atau sedang melakukan yang seharusnya tidak dilakukan karyawan yang sedang izin sakit.

3. Janganlah membuat status yang berhubungan dengan perusahaan, seperti mengeluh lelah karena lembur atau karena gaji belum turun dan masih banyak hal lainnya. Hal ini sangatlah fatal jika sampai ada manajer HRD yang melihat status tersebut, karena akan menurunkan citra dari perusahaan tempat kalian bekerja.

Menggunakan media sosial untuk mengungkapkan apa yang dirasakan itu hak pribadi setiap orang, tapi kalian harus bijak dan berpikir dahulu sebelum menulis status di media sosial. Apakah hal tersebut akan merugikan atau sebaliknya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini