Share

Soton Depak Arsenal dari Persaingan Piala Liga

Reza Jailani, Okezone · Rabu 24 September 2014 03:42 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 24 45 1043420 9PxfilydPZ.jpg Nathaniel Clyne/kiri (Foto: Reuters)
A A A

LONDON – Arsenal tersungkur di hadapan ribuan Gooners yang memadati Emirates Stadium, The Gunners menyerah 1-2 dari Southampton City di babak ketiga Capital One Cup 2014-2015. Walau menguasai jalannya pertandingan sepanjang laga, nyatanya Meriam London selalu buntu mencari gol penyeimbang gol Nathaniel Clyne.

Lukas Podolski yang ditunjuk Arsene Wenger sebagai penyerang tunggal terlihat tak berbahaya sepanjang pertandingan. Selain itu, kabar baik untuk fans Arsenal, gelandang Abou Diaby telah kembali merumput setelah mengalami cedera panjang.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Jalannya pertandingan

Babak pertama

Kick–off di Emirates Stadium! Lima menit pertama Arsenal terlihat menunggu dan inisiatif menyerang diambil alih oleh tim tamu. Namun perlahan The Gunners coba mengambil alih penguasaan bola.

Steven Devis! Nyaris saja membawa The Saint unggul pada menit sembilan. Tinggal berhadapan dengan David Ospina, namun ia tidak dapat memanfaatkan peluangnya dengan baik.

Gol! Alexis Sanchez menaklukan Fraser Forster pada menit 14 melalui aksi cermatnya dalam mengeksekusi tendangan bebas di depan kotak penalti Southampton. Fraser yang coba menghalau laju bola tak dapat melakukan tugasnya dengan baik. 1-0 Arsenal memimpin.

Memimpin, Arsenal coba menekan untuk mencari gol kedua di laga ini. Sementara The Saints juga meresponnya dengan skema serangan balik cepat. Benar saja tim tamu mendapatkan hadiah penalti pada menit 18, Sadio Mane dijatuhkan oleh Thomas Rosicky di dalam kotak 16 besar.

Gol! Dusan Tadic melakukan tugasnya dengan baik sebagai algojo pada menit ke 19. Skor 1-1 sementara menghiasi papan skor di Emirates Stadium.

Gawang tuan rumah kembali terancam pada menit ke-21. Mane medapatkan peluang dengan menerobos pertahanan Arsenal, sayang sepakannya di depan gawang masih menyamping dari target tembak.

Hingga menit 27, serangan tim tamu terlihat lebih berbahaya dibanding dengan Arsenal. Graziano Pelle mendapatkan ruang tembak di dalam kotak 16 besar Arsenal. Sayang sepakan kaki kanan striker asal Italia itu hanya mengenai sisi luar jaring gawang Ospina.

Arsenal terlihat mendominasi lini tengah, namun hingga menit 35 tim besutan Arsene Wenger ini masih tak mampu menembus pertahanan kokoh The Saints.

Gol! Nathaniel Clyne melepaskan tembakan keras dari jarak 35 meter. Sepakannya sempat membentur kencang mistar gawang dan bola memantul masuk ke gawang Ospina. 1-2 tim tamu memimpin sementara lima menit menjelang turun minum.

Arsenal mencoba membalas dengan tembakan Jack Wilshere, namun sepakannya masih dapat diamankan dengan mudah oleh Forster. Hingga peluit berbunyi skor masih 1-2 untuk Southampton.

Babak kedua

Menit 49, skema serangan rapih diperagakan oleh The Saint, skema itu berakhir dengan eksekusi Davis yang dapat diamankan oleh Ospina. Lemahnya sepakan pemain internasional Irlandia Utara itu membuat Ospina dengan mudah melakukan penyelamatan krusial.

Walau tertinggal, Wilshere dkk menguasai jalannya pertandingan. Lini tengah Arsenal masih terlalu tangguh baik dalam melakukan operan dan mematahkan serangan Southampton di lini kedua. Hingga menit 60 belum ada perubahan di papan skor.

Tadic kembali menguji ketangguhan Ospina dalam mengamankan gawangnya pada menit 63. Kiper anyar Arsenal itu dengan sigap mementalkan tendangan bebas Tadic. Masih 1-2, Arsenal terus mengontrol penguasaan bola.

Sanchez! Hampir saja membuat fans yang memadati Emirates Stadium bergemuruh pada menit 68. Akan tetapi tendangannya masih terlalu pelan dan tepat mengarah ke posisi Forster berdiri. Chamberlain Masuk menggantikan Joel Campbell pada menit 71.

Masuknya Cazorla dan Chamberlain lebih menghidupkan skema serangan Arsenal, pergerakan dengan dan tanpa bola mereka lebih menonjol. Akan tetapi mereka masih kesulitan mencari gol penyeimbang hingga menit 78.

Free-kick untuk Arsenal di depan kotak penalti The Saint pada menit 80. Akselerasi Wilshere dihentikan paksa oleh pemain bertahan Southampton, Sanchez bersiap mengambil ancang-ancang. Namun kali ini pagar hidup tim tamu dapat memblok sepakan pemain bernomor punggung 17 itu.

Pelle! Sundulannya tipis melambung di atas gawang Arsenal pada menit ke-85. Berawal dari skema bola mati hasil tendangan penjuru, striker internasional Italia itu berhasil menanduknya namun belum menambah keunggulan tim tamu.

Tambahan waktu empat menit diberikan wasit Keith Stroud. Dalam pertandingan ini lima kartu kuning telah keluar dari sakunya untuk kedua tim. Peluit panjang pun terdengar di Emirates Stadium, dengan demikian Southampton berhak melaju ke babak empat Capital One Cup 2014-2015.

Susunan pemain

Arsenal: David Ospina; Isaac Hayden, Calum Chambers, Hector Ballerin (Akpom 85’), Francis Coquelin; Abou Diaby (Cazorla 66’), Jack Wilshere, Thomas Rosicky, Joel Campbell (Chamberlain 71’), Alexis Sanchez; Lucas Podolski.

Southampton: Fraser Forster; Matt Targett (Bertrand 83’), Jose Fonte, Florin Gardos, Nathaniel Clyne; Steven Davis, Victor Wanyama, Morgan Schneiderlin; Dusan Tadic, Graziano Pelle, Sadio Mane (Long 72’)

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini