Share

Iklan Pariwisata Dunia Kerap Tuai Kontroversi

Winda Destiana, Okezone · Selasa 23 September 2014 04:07 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 23 407 1042891 JICqb93XEL.jpg Iklan pariwisata dunia kerap tuai kontroversi (Foto: Bestaward)
A A A

MENJUAL slogan cerdas, lugas. Menampilkan berpakaian minim hingga hidangan tropisĀ  mengundang selera. Itulah beberapa ikon yang ada di kampanye pariwisata dunia.

Namun tak sedikit menuai kontroversi dari berbagai pihak. Dilansir Foxnews, berikut iklan pariwisata di dunia yang paling kontrovesial:

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Air New Zealand

Maskapai penerbangan ini dikritik kaum feminis karena mengeluarkan iklan dengan model berbikini seksi. Video promosi tersebut dianggap fulgar untuk ditayangkan. Video tersebut menampilkan beberapa model diantaranya Christie Brinkley, Chrissy Teigen, Ariel Meredith, Hannah Davis dan Jessica Gomes. Mereka memberikan eksotis keselamatan ketika berada di pulau tersembunyi. Video ini diposting di berbagai situs salah satunya youtube.

Aktivitas yang dilakukan para model menampilkan aktifitas perempuan berbikini di pulau terpencil. Bahkan video ini bukan sekedar promosi pariwisata, melainkan bentuk promosi rute terbaru maskapai ini dari Auckland ke Los Angeles yang menawarkan persinggahan ke Kepulauan Cook.

Colorado

Tidak banyak orang yang tahu atau pernah mendengar tentang Fruita. Sampai akhirnya sebuah stiker bertuliskan WTF guna mempromosikan pariwisata di kota ini tersebar. WTF yang berarti Welcome To Fruita ini dianggap sebagian besar orang bukan seperti itu. Makna lebih kasar menganggap pariwisata di kota ini tidak pandai membuat iklan. Meski demikian ribuan stiker promosi pariwisata inis udah tersebar luas ke segala penjuru Amerika.

Peta Kota Inggris

Sekilas peta ini sama seperti peta kota lainnya. Namun jika diperhatikan seksama, peta sebuah kota bersejarah di Inggris ini ternyata mirip dengan alat kelamin pria. Pemerintah setempat kota Berkhamsted awalnya hanya membuat peta ini dalam bentuk guide book agar wisatawan mudah menjelajahi kota ini. Tanpa bermaksud atau sengaja membuat peta seperti alat kelamin pria tersebut.

Meski demikian, peta tersebut dianggap membantu wisatawan dalam mencari tempat yang mereka kunjungi selama berada di sana. Bukan sebagai sindiran, wisatawan justru menganggap peta ini sebagai sebuah lelucon.

Airbnb

Belum lama ini, perusahaan apartemen Airbnb meluncurkan logo baru mereka. Seketika saja logo menampilkan wujud tak biasa tersebut mendapat kecaman mengandung pornografi di dalamnya. Menurut sebagian besar orang, logo ini dianggap mirip vagina, atau pantat. Namun dari perusahaan terkait enggan memberikan komentar atau menjawab sebenarnya makna dari logo yang membingungkan ini.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini