Share

Saran UGM untuk Presiden Baru RI

Rifa Nadia Nurfuadah , Okezone · Selasa 23 September 2014 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 23 373 1043106 oKY4tMeuY0.jpg UGM memberikan tujuh masukan kepada pasangan presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo dan Jusuf Kalla. (Foto: dok. UGM)
A A A

JAKARTA - Dalam menjalankan roda kenegaraan, pemerintah harus terbuka dengan berbagai masukan. Inilah yang dilakukan oleh akademisi di Universitas Gadjah Mada (UGM) kepada pasangan presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Ada tujuh poin masukan yang disatukan dalam buku Sapta Adicita atau Tujuh Pemikiran UGM. Menurut Rektor UGM Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc., masukan tersebut merupakan hasil pemikiran 74 peneliti UGM. Pratikno berharap, masukan mereka dapat menjadi bahan pertimbangan Joko Widodo dalam menjalankan pemerintahan selama lima tahun mendatang.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Kami ingin memberi masukan kepada pemerintah yang baru. Kebetulan presiden yang terpilih adalah alumnus UGM," ujar Pratikno, seperti dikutip dari laman UGM, Selasa (23/9/2014). 

Ketua tim penyusun buku putih Sapta Adicitta, Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D., menjelaskan, ketujuh pemikiran UGM ini meliputi simpul-simpul strategis dalam nadi perekonomian bangsa.

"Ketujuh pemikiran tersebut berisi etika kehidupan berbangsa dan bernegara, kedaulatan pangan dan pembangunan pertanian, terobosan dan revolusi majamenen sumber daya air, kemandirian energi, inovasi dan rekaysa teknologi sumber daya hutan, pembangunan maritim yang tanguh, dan terakhir, inovasi budaya dengan menjadikan kota pusaka sebagai pembangkit ekonomi kreatif Indonesia," papar Dwikorita.

Buku putih Sapta Adicitta tersebut diserahkan secara simbolis oleh Rektor UGM Pratikno kepada Perwakilan Tim Transisi, Jaleswari Pramodharwardani. Dia menyatakan, masukan dari UGM yang sudah menjadi mitra Joko Widodo tentu sangat berharga. Apalagi, hasil pemikiran akademisi UGM selaras dengan ide dan pemikiran mantan walikota Solo tersebut.

"Saya melihat di Sapta Adicitta, ada hal-hal yang sudah menjadi perhatian dan prioritas pembagunan Pak Jokowi, seperti ketahan energi dan sumber daya air, ketahan pangan dan hutan yang menjadi urusan pembangunan ke depan," imbuh Jaleswari.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini