Share

Inggris Dituding Tipu Warga Skotlandia

Andreas Gerry Tuwo , Okezone · Senin 22 September 2014 13:08 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 22 414 1042550 TyxVkFIeFr.jpg Inggris Dituding Tipu Warga Skotlandia (Foto:Reuters)
A A A

MANCHESTER - Setelah sempatĀ  menyatakan menerima kekalahan dalam referendum, secara tiba-tiba mantan Perdana Menteri dan tokoh kemerdekaan Skotlandia, Alex Salmond mengeluarkan pernyataan mengejutkan.

Salmond menyebut, Perdana Menteri (PM) Inggris David Cameron dan beberapa politikus London telah menipu warga Skotlandia yang dalam referendum memilih tetap bersama Inggris. Disebutkan Salmond, janji-janji manis yang disampaikan Cameron dan koleganya tidak akan pernah ditepati.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Secara khusus, Salmond menjelaskan janji yang akan diingkari London adalah mengenai pembentukan kekuatan baru Skotlandia. Janji tersebut merupakan nilai jual Inggris dalamĀ  kampanye referendum kemerdekaan Skotlandia.

"Saya pikir janji itu adalah sebuah tindakan putus asa dari London dan saya pikir semua orang di Skotlandia telah menyadari itu," sebut Cameron, seperti dikutip dari AFP, Senin (22/9/2014).

"Orang-orang yang memilih menolak kemerdekaan sudah disesatkan, mereka telah ditipu secara efektif," lanjut dia.

Dalam referendum, Kelompok pro-kemerdekaan harus mengakui kekalahan mereka. Namun, Salmond menyatakan meski menerima hasil, mimpi kemerdekaan Skotlandia akan tetap hidup.

(ger)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini