Share

Pengungsi Meningkat, Kurdi Ingin Dipersenjatai

Ahmad Ridwan R , Okezone · Senin 22 September 2014 11:53 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 22 412 1042505 GeGmlVw34l.jpg Pengungsi Meningkat, Kurdi Ingin Dipersenjatai (Foto: Reuters)
A A A

SURIAH - Meningkatnya pengungsi Suriah yang memasuki wilayah Turki, menimbulkan masalah baru. Kelompok Kurdi di Turki pun mendesak agar lebih banyak lagi senjata dikerahkan untuk memerangi Islamic State in Iraq and Syria (ISIS).

Sebelumnya perwakilan Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk urusan pengungsi (UNHCR) Carol Batchelor mengatakan, jumlah pengungsi saat ini mencapai 100 ribu. Kemungkinan, jumlah terus akan terus bertambah mengingat kekuatan ISIS juga turut bertambah besar.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Kami tidak tahu kapan angka-angka ini akan berhenti. Kami tidak tahu bagaimana masa depan mereka. Bantuan amat dibutuhkan untuk mengatasi masalah ini, sebuah bantuan untuk menyelamatkan nyawa manusia” ungkap Batchelor, seperti dikutip ABC, Senin (21/9/2014).

Sebagian besar para pengungsi ini terpaksa melarikan diri dari Suriah karena pengaruh dan kekuasaan ISIS semakin luas. Bahkan perluasan kekuasaan itu terjadi di wilayah yang dimukimi oleh etnis Kurdi.

Seorang komandan Kurdi mengatakan bahwa militan ISIS telah maju bergerak 15 kilometer dari Kobani. Distrik pemukiman etnis Kurdi itu masih mengkonsilidasikan perlawanan terhadap ISIS di utara Suriah.

Sementara itu, Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk PBB Samantha Power mengatakan, Amerika siap melakukan serangan udara terhadap militan ISIS melalui koalisi internasional dengan beberapa negara di dunia.  

Menurutnya, setiap negara dapat menyumbangkan sebuah upaya dan dukungan untuk menghancurkan kelompok militan ISIS.

(faj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini