Share

ICW: 38 Koruptor Bebas Bersyarat di Era SBY

Nina Suartika , Okezone · Senin 22 September 2014 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 22 339 1042548 l1opvtOwEU.jpg Album SBY (Dok Okezone)
A A A

JAKARTA - Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi menggelar aksi teatrikal Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memainkan gitar di depan kantor Kementerian Hukum dan HAM.

 

Aksi tersebut merupakan bentuk kritik masyarakat sipil terhadap SBY yang dinilai tidak memiliki komitmen terhadap pemberantasan korupsi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

"Lewat aksi ini kami mau mengkritik komitmen pemberantasan korupsi SBY dan Kemenkumham," kata Badan Pekerja ICW, Emerson Yuntho di kantor Kemenkumham, Jakarta, Senin (22/9/2014).

 

Menurut Econ, panggilan akrab Emerson, SBY justru diam dan cuek saat pemberian bebas bersyarat terhadap koruptor menuai kontroversi. Dia malah asik sendiri bermain gitar dan bikin album.

 

"Kami menilai tidak ada komitmen pemerintah dalam pemberantasan korupsi. Ini terbukti dari banyaknya pembebasan bersyarat yang diberikan pada koruptor di masa pemerintahan SBY," kata Econ.

 

Dalam catatan ICW, selama pemerintahan SBY yaitu sejak periode 2004-2014, tercatat ada 38 koruptor yang diberikan pembebasan bersyarat. Mereka terdiri dari 31 koruptor yang ditangani KPK dan 7 koruptor oleh Kejaksaan.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini