Share

Pakai BBG Bisa Jauh Lebih Hemat

Arief Aszhari, Okezone · Minggu 21 September 2014 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 21 52 1042203 6lSNbodc5u.jpg F: Ilustrasi konverter kit Autogas (Arief A / Okezone)

JAKARTA - Rencana kenaikan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi bisa berdampak pada pengeluaran pengguna kendaraan bermotor. Untuk mensiasati masalah ini, pengendara mungkin bisa mencoba menggunakan bahan bakar alternatif lain seperti gas.

Untuk mendukung hal tersebut, salah satu penyedia konverter kit, Autogas Indonesia, memberikan hitung-hitungan penghematan biaya jika menggunakan bahan bakar gas.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Menurut Thomas Nurhakim, Direktur Utama PT Autogas Indonesia, jika menggunakan 10 liter pertamax per hari maka uang yang dikeluarkan sebesar Rp110 ribu, dengan hitungan harga Pertamax Rp11 ribu per liter. Untuk penggunaan pertamax selama sebulan, maka dana yang disediakan sebesar Rp3,3 juta.

Sedangkan untuk pemakaian BBG jenis compressed natural gas (CNG) maka pengendara bisa menghemat sebesar Rp7.900 per liter. Penghematan ini karena harga CNG hanya Rp3.100 per liter.

"Bila pengendara setiap hari menggunakan 10 liter BBG maka total penghematan adalah Rp79 ribu perhari. Dan dalam sebulan penghematan yang didapat adalah sebesar Rp2.370.000," papar Thomas Nurhakim, di IIMS JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Jika menggunakan BBG Liquified Gas for Vehicle (LGV) yang harga perliternya Rp5.900, maka penghematan per bulan akan didapat sebesar Rp1.770.000," tambahanya.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini