Share

Ini Dia Truk Ramah Lingkungan dari Shacman

Septian Pamungkas, Okezone · Sabtu 20 September 2014 12:09 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 20 52 1041842 XgcmmoriNn.jpg F: Heavy Duty Truck Shacman berbahan bakar gas (Septian P / Okezone)

JAKARTA - PT Shacmindo Perkasa sebagai distributor resmi Shacman menawarkan heavy duty truck berbahan bakar CNG (Compressed Natural Gas). Truk asal China ini berdiri kokoh di area outdoor Indonesia International Motor Show (IIMS)  2014, JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Direktur Sales & Marketing PT Shacmindo Perkasa, Satrio Murshandi, mengatakan pihaknya memboyong dua truk berbahan bakar gas yakni Shacman F2000 dan F3000.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Kita bawa dua jagoan. Keduanya 100 persen berbahan bakar gas. Jika menggunakan konverter bahan bakar, efisiensi maksimal yang diperoleh hanya mencapai 15 persen dibandingkan dengan menggunakan solar non-subsidi kalau ini efisiensinya bisa sampai 66 persen ," katanya saat berbincang dengan wartawan di arena IIMS baru-baru ini.

Lebih lanjut Satrio mengatakan Shacman telah melakukan serangkaian uji coba terhadap produk CNG dump truck 380 hp pada Oktober tahun lalu hingga Juli 2014. Uji coba dilakukan di on road yang meliputi jalan raya dan jalan bebas hambatan. Serta off the road berupa medan berbatu dengan tingkat tanjakan mencapai 30 derajat.

Menurut Satrio, penjualan truk asal China ini telah mencapai 80 ribu unit yang tersebar di seluruh dunia namun baru pertama kali diperkenalkan di Indonesia. Satrio meyakini jika ke depannya akan terjadi peralihan dari truk berbahan bakar solar ke gas. Jika truk ini sukses di pasar nasional, pihaknya siap melokalisasi truk ini di dalam negeri.

"Saat ini masih diproduksi di China. Kita lihat dulu pasarnya seperti apa di sini, tapi kedepannya kita ingin produksi di Indonesia." katanya.

Sebagai informasi, tahun lalu penjualan Shacman di Indonesia mencapai 300 unit dan di tahun ini angka 300 unit menjadi target yang dibidik.

Di pasar Indonesia, PT Shacmindo Perkasa fokus pada empat varian, yaitu Tractor Head (Diesel & Gas), Dump Truck (Diesel & Gas), Long Chassis Truck (Diesel & Gas), (Cement Mixer). Keempat varian tersebut dipilih berdasarkan permintaan pasar yang cukup tinggi dari industri pengangkutan barang (logistik), pertambangan, perkebunan, forestry, oil & gass.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini