Share

Skotlandia Gagal Merdeka, Catalonia Tetap Minta Referendum

Ahmad Ridwan R , Okezone · Sabtu 20 September 2014 17:14 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 20 414 1042050 SbtX9mVNx8.jpg Skotlandia Gagal Merdeka, Catalonia Tetap Minta Referendum (Foto:Reuters)
A A A

BARCELONA – Tak gentar melihat kekalahan Skotlandia, separatis di wilayah Catalonia, Spanyol tetap maju dengan rencana akan mengadakan referendum kemerdekaan. Referendum tersebut direncanakan dihelat pada November 2014.

“Meskipun hasilnya tidak memuaskan, referendum di Skotlandia membuka jalan bagi kita,” ungkap Presiden Catalonia Arhur Mas, seperti dikutip dari WA Today, Sabtu (20/9/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Skotlandia memberikan pelajaran besar dalam demokrasi dan kami mendesak Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy untuk mengikuti sikap teladan Perdana Menteri Inggris David Cameron,” lanjut dia.

Guna mewujudkan hal ini parlemen dari Barcelona pada Jumat menunjukkan suara dukungan 106 lebih untuk memberikan kekuatan pada pemimpinnya dalam proses kemerdekaan.

Namun, hal tersebut dipastikan tidak akan berjalan mulus. Pasalnya, PM Rajoy mengatakan  pihaknya akan menuntut Mahkamah Konstitusi Spanyol untuk menjatuhkan hukuman terhadap setiap upaya referendum yang melanggar konstitusi Spanyol.

Rajoy yang merupakan pemimpin partai sayap kanan ini bersikeras bahwa setiap isu, wacana, dan pernyataan tentang pemisahan diri harus dihukum, bahkan warga negara Spanyol bukan hanya Catalonia.

(ger)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini