Share

Pemerintah Ukraina Setuju Damai dengan Kelompok Separatis

Andreas Gerry Tuwo , Okezone · Sabtu 20 September 2014 09:43 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 20 414 1041889 gBh9LkbmNH.jpg Pemerintah Ukraina Setuju Damai dengan Kelompok Separatis (Foto:Reuters)
A A A

KIEV – Langkah maju demi mewujudkan perdamaian di Ukraina mulai tercapai. Hal itu ditandai dengan disetujuinya perjanjian damai antara pihak pemerintah dengan kelompok separatis.

Perjanjian tersebut termasuk dibentuknya zona penyangga di Ukraina Timur. Zona ini ditujukan sebagai tempat netral di antara Militer Ukraina dan pasukan separatis pro-Rusia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Tidak hanya itu, dalam perjanjian tersebut disetujui pula penarikan sejumlah senjata berat dan pasukan asing. Hal itu untuk menciptakan kondisi yang stabil selama gencatan senjata berlangsung.

Perjanjian damai tersebut disetujui setelah perwakilan Ukraina, Rusia, dan kelompok separatis melakukan pertemuan di ibu kota Belarusia, Minsk. Dalam persetujuan ini dicapai pula kerjasama menjaga keamanan di Ukraina Timur antara pihak-pihak yang bertikai.

Dilansir dari Telegraph, Sabtu (20/9/2014), penandatanganan perjanjian damai merupakan tindak lanjut dari gencatan senjata yang dicapai pada 5 September.

Namun, gencatan senjata tersebut tidak bisa berjalan sesuai komitmen awal. Pasalnya, baku tembak dan tindakan provokatif terus terjadi dalam masa gencatan senjata.

(ger)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini