Share

Mengenal Lebih Dekat Mobil Hidrogen Toyota

Arief Aszhari, Okezone · Jum'at 19 September 2014 17:26 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 19 52 1041652 3PnYLNH08j.jpg F: Toyota FCV Next Generation Future Technology (Foto: Arief Aszhari/Okezone)

JAKARTA- Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan kendaraan Fuel Cell Vehicle (FCV) berbahan bakar hidrogen di Indonesia International Motor Show 2014, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Sampai saat ini, Toyota menjadi satu-satunya pabrikan automotif yang berhasil mengembangkan kendaraan berbahan bakar hidrogen yang siap dijual ke pasar. Toyota berhasil mengembangkan perangkat fuel cell yang menghasilkan listrik melalui reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen untuk menyalakan motor penggerak.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Teknologi ini mampu menggantikan bensin sebagai bahan bakar dengan hidrogen sebagai sumber energi yang ramah lingkungan dan dapat diproduksi dari berbagai bahan baku. (baca: Toyota FCV akan dijual asal infrastruktur siap)

Pemakaian hidrogen ini membuat mobil FCV Toyota benar-benar ramah lingkungan karena tidak ada emisi (zero emission). Sisa pembakarannya keluar dalam bentuk air (H2O).

Sama seperti Prius, FCV juga menggunakan teknologi Hybrid Synergy Drive. Teknologi hibrida ini telah diterapkan di kendaraan Toyota lainnya seperti Camry. Berdasarkan riset yang dilakukan Toyota, kemampuan jelajahnya lebih panjang dengan sekali pengisian bahan bakar untuk jarak sekitar 700 km.

Disamping itu, proses pengisian bahan bakar hidrogen juga jauh lebih cepat yaitu sekitar 3 menit sampai 5 menit dibandingkan pengisian mobil listrik. Periode pengisian bisa cepat karena tidak membutuhkan tangki besar bagi hidrogen untuk bisa mencapai jarak yang ditempuh mesin bensin.

Toyota menggunakan teknologi penambah voltase sehingga bisa menghasilkan tenaga tiga kali lipat dibandingkan komponen sel bahan bakar sebelumnya.

Sebagai perbandingan, satu tangki penuh bahan bakar hidrogen bisa memberi pasokan listrik satu rumah selama satu pekan. Dari sisi kecepatan, mobil ini juga tidak kalau jauh, mampu mencapai kecepatan 0-100 km/jam dicapai dalam 10 detik. Kecepatan maksimum 170 km/jam.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini