Share

Wisata Kota Mati Masih Diminati

Winda Destiana, Okezone · Jum'at 19 September 2014 21:42 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 19 409 1041796 wZqhG4IF7L.jpg Wisata kota mati masih diminati (Foto: Google)
A A A

INI adalah sebuah kota tak berpenghuni yang terletak di Oblast Kiev, Ukraina. Berbatasan langsung dengan Belarusia, kota ini masih menjadi misteri karena ditinggalkan oleh penghuninya.  

Sejak 1986, sepeninggal kota ini dari penduduknya, serta merta pula kota berubah menjadi mati tanpa aktivitas sedikit pun. Ini diakibatkan oleh sebuah bencana ledakan keras pembangkit listrik tenaga nuklir. Hingga kini, kejadian menakutkan tersebut dikenal sebagai bencana Chernobyl.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Bencana ini merupakan kecelakaan reaktor nuklir paling buruk sepanjang sejarah Ukraina. Pada 26 April 1986, reaktor nomor empat di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl yang berada di dekat Pripyat, Ukraina ini meledak. Akibatnya, partikel radioaktif dalam jumlah besar tersebar ke atmosfer di seluruh kawasan Uni Soviet bagian barat dan Eropa.

Demi mengamankan penduduk, ribuan orang terpaksa harus diungsikan sesegera mungkin. Meski sudah berada jauh dari lokasi peledakan tersebut, 237 orang justru menderita sakit radiasi hingga beberapa di antaranya tewas dalam waktu tiga bulan kemudian. Radiasi ini menyebabkan kanker dan penyakit mematikan lainnya.

 

Meski tingkat radiasi di Chernobyl masih cukup tinggi, hal itu tidak menyurutkan keinginan wisatawan untuk melihat keadaan kota dari dekat. Melihat adanya peluang, berbagai travel agent berlomba menyediakan tur berbahaya menuju tempat ledakan. Kota ini bahkan kosong dan dibuka untuk umum bagi wisatawan yang ingin melihat sisa nuklir di kawasan ini, dilansir dari Atlasobscura.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini