Share

Ekspor Automotif RI Diyakini Tembus Rp132 T

Hendra Kusuma , Okezone · Kamis 18 September 2014 11:41 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 18 320 1040864 bFbYS9GEKK.jpg Ekspor Automotif RI Diyakini Tembus Rp132 T. (Foto: Reuters)
A A A

JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfhi menyatakan bahwa industri automotif memiliki peranan penting bagi perekonomian Indonesia. Dampak besar akan diberikan sektor ini melalui kegiatan ekspor kendaraan dan penunjangnya.

Lutfhi menjelaskan, pada 2013, ekspor automotif Indonesia mencapai USD4,5 miliar. Nilai tersebut diyakininya akan terus bertumbuh dalam lima tahun ke depan.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Lima tahun ke depan nilai ekspor automotif Indonesia akan menjadi USD11 miliar (Rp132,37 triliun, kurs Rp12.034 per USD)," kata Lutfhi saat membuka Pameran Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2014 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Kamis (18/9/2014).

Lutfhi menjelaskan, dengan pertumbuhan ekspor sektor automotif Indonesia itu, menjadikannya sebagai ekspor terbesar ketiga setelah kelapa sawit dan turunannya, serta industri alas kaki.

Tidak hanya itu, ungkap Luthfi, dengan pertumbuhan ekspor tersebut memberikan perubahan tren terhadap penjualan mobil yang nantinya diproduksi di Indonesia.

"Mobilnya memang mobil Jepang, investasinya dari Jepang, tapi produksinya di Indonesia, nanti ekspornya melibatkan Kementerian Perdagangan (Kemendag)," pungkasnya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini