Share

Rahasia Kelezatan Kuliner Tibet

Ira Aldira, Okezone · Kamis 18 September 2014 03:15 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 18 299 1040695 L3lcFQEAaf.jpg Makanan Tibet (Foto:makemytrip)
A A A

KUNCI masakan Tibet adalah penggunaan hasil panen dan daging segar. Masakan Tibet banyak menggunakan bahan dari lingkungan sekira.  

Mengingat lokasi Tibet berada diantara pegunungan dan dataran tinggi, masakan Tibet banyak menggunakan mi, daging kambing, daging sapi yak, keju dan susu kambing. Selain itu, masakan Tibet sering diolah menjadi sup dan pangsit yang disebut momos.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Seperti dilansir Thedailymeal, Kamis (18/9/2014) hidangan daging khas Tibet banyak disajikan dalam sup pedas yang dicampur kentang.

 

Sedangkan makanan pokok, warga Tibet sering menyantap tsampa atau tepung giling dari barley. Barley merupakan tanaman paling penting di Tibet dan cocok untuk dinikmati di daerah ketinggian.

 

Bahan lainnya yang terpenting dari masakan Tibet adalah balep, yang merupakan roti Tibet yang biasa disantap saat sarapan. Ada juga sha phaley yang merupakan hidangan dari daging dan kubis yang dicampur roti.

 

Yang tidak boleh kalah ketinggalan dari masakan Tibet adalah berbagai olahan dari yak seperti mentega, keju, dan yogurt. Selain rasanya lezat, olahan dari sapi yak memiliki banyak manfaat. Secara tradisional masakan Tibet disantap dengan menggunakan sumpit, sedangkan masakan Himalaya menggunakan tangan.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini