Share

Roma & Porto Pesta Gol

Reza Jailani, Okezone · Kamis 18 September 2014 04:26 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 18 261 1040728 6fHSvLzhBC.jpg Gervinho (kiri) dan Juan Iturbe (Foto: Reuters)
A A A

ROMA – AS Roma berpesta di laga pembuka Liga Champions 2014-2015 Grup E dengan menyarangkan lima gol ke gawang tamunya, CSKA Moskow. Serigala ibu kota tampil beringas pada 45 menit pertama. Dobrakan tridente Francesco Totti-Gervinho-Juan Iturbe sulit dibendung oleh wakil Rusia.

Tim tamu sendiri mendapat gol penghibur pada paruh kedua melalui Ahmed Firaz Moosa. Dengan hasil ini Roma sementara memuncaki klasemen Grup E unggul selisih gol dari Bayern Munich mengalahkan Manchester City 1-0 berkat gol tunggal Jarome Boateng.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Jalannya pertandingan

Babak pertama

Roma nyaris membuka keran gol pada menit kedua, Radja Nainggolan melepaskan umpan tarik dari sisi kanan lapangan dan membuat barisan pertahanan Moskow panik, hampir terjadi gol bunuh diri namun bola masih bergulir keluar lapangan, tendangan penjuru untuk Giallorossi.

Gol! Juan Iturbe membuat serigala ibu kota memimpin pada menit enam. Berawal dari umpan terobosan dari Gervinho yang melihat Iturbe berlari tanpa kawalan, dengan mudah pria asal Argentina itu menaklukan Igor Akinfeev, 1-0 Roma unggul.

Gol! Gervinho menambah keunggulan Roma atas tamunya empat menit berselang gol Iturbe. Attacante internasional Pantai Gading itu mengelabui Berezutski sebelum melepaskan tembakan mulus menebus jala Akinfeev kedua kalinya. 2-0 skor sementara.

Tim tamu tak yang tertidur coba memberikan respon, peluang emas didapat wakil Rusia pada menit 16. Sayang kesempatan emas itu disia-siakan oleh Doumbia setelah mengecoh tiga Torosidis dan Maicon.

 

Maicon! Kembali memperlebar keunggulan tuan rumah menjadi 3-0. Kecepatan pemain veteran ini masih terlihat ketika menyusup ke kotak penalti CSKA sambil menerima sodoran cantik dari Francesco Totti, ia itu melepaskan tembakan keras, lagi-lagi bola bergulir masuk ke gawangnya pada menit 20. 3-0, malam yang berat untuk Akinfeev.

Iturbe harus ditandu keluar pada menit 25, winger lincah itu mengalami tegang otot dan harus digantikan. Alessandro Florenzi disiapkan Rudi Garcia menggantikan peran Iturbe.

Pesta gol Gialorrossi tak berhenti, Gervinho kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit 31. Totti kembali menjadi arsitek gol keempat Roma dengan memberikan umpan terobosan lambung ke arah Gervinho yang berlari, 4-0 untuk Roma.

13 menit berselang, Gervinho memiliki peluang untuk menutup babak pertama dengan hattrick. Namun usahanya pada menit 44 itu belum bersarang di jala gawang Akinfeev. Tuan rumah tampil superior pada paruh pertama, sedangkan tim tamu tidak dapat mengimbangi permainan kolektif Serigala ibu kota.

Babak  kedua

Alih-alih bersemangat membalikkan keadaan, tim arahan Leonid Slutsky malah melakukan blunder fatal lima menit babak kedua dimulai. Sergey Ignashevich bermaksud menghalau umpan tarik yang dilakukan Torosidis, sayang sundulannya malah bersarang di gawang sendiri. Lima gol Roma unggul, game over.

10 menit berselang Pjanic kembali menebar ancaman, one-two dengan Florenzi membuat pria Bosnia itu merangsek ke dalam kotak 16 besar lawan. Sayang usahanya hanya menghasilkan sepak pojok. Selanjutnya penyelamatan pertama dilakukan De Sanctis pada laga ini, mantan kiper Napoli itu mengantisipasi percobaan dari Efremov.

Slutsky coba memberikan penyegaran di lini kedua CSKA, ia menarik Eremenko dan menggantinya dengan Kirill Panchenko pada menit 66. Penyegaran itu langsung terasa tiga menit berselang upaya Doumbia masih membentur mistar gawang.

Gol!  Ahmed Firaz Moosa membuat gol konsolidasi untuk CSKA pada menit 82. Penyerang internasional Nigeria itu berhasil mencungkil bola melewati De Sanctis, sebelumnya ia menerima umpan dari Panchenko. Skor 5-1.

Gol! Tim tamu menambah gol pada menit 87. Namun  gol Milanov dianulir wasit karena dianggap belum melewati garis. Goal line technology dipertanyakan kinerjanya pada kasus ini.

Hingga peluit panjang terdengar, tak ada gol tambahan terjadi di Stadio Olimpico. AS Roma mengamankan tiga poin pertama mereka di LIga Champions 2014-2015.

Selain Giallorossi, juga ada FC Porto yang berpesta gol ke gawang tamu pertama mereka di Estadio Do Dragao, BATE Borisov dengan enam gol tanpa balas. Yacine Brahimi menjadi bintang kemenangan raksasa Portugal dengan mencetak hattrick pada laga itu.

Susunan pemain

Roma:  Morgan De Sanctis; Davide Astori, Manolas (Yanga-Mbiwa 77’), Vasilis Torosidis, Maicon; Seydou Keita, Radja Nainggolan, Miralem Pjanic; Gervinho (Ljajic 71’), Juan Iturbe (Florenzi 25’), Francesco Totti (C)

CSKA Moskow: Igor Akinfeev (C); Ignashevich, Mario Fernandes, Vasiliy Berezutski, Kirill Nababkin (Schennikov 46’); Roma Eremenko (Panchenko 66’), Bibras Natcho, Georgi Milanov, Zoran Tosic (Efremov 53’); Ahmed Moosa, Seydou Doumbia.

(FAP)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini