Share

Akhiri Rekor Buruk, Dortmund Tambah Nestapa Arsenal

Arief Hadi Purwono, Okezone · Rabu 17 September 2014 03:54 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 17 261 1040149 6AIF3UxQLE.jpg Gol kedua Borussia Dortmund yang dicetak oleh Pierre Erick Aubameyang (Foto: Reuters)
A A A

DORTMUND – Tuah Signal Igduna Park, markas Borussia Dortmund akhirnya kembali ke jalur kemenangan, setelah menumbangkan Arsenal dengan skor 2-0. Dortmund terakhir menang melawan Arsenal di kandang, terjadi pada 30 Oktober 2002!

Dua gol Dortmund masing-masing dicetak oleh Ciro Immobile dan Pierre Erick Aubameyang. Kekalahan Arsenal ini juga meneruskan penderitaan tim, yang hanya memenangkan satu pertandingan dari lima pertandingan terakhirnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Satu-satunya kemenangan Arsenal, diraih di kualifikasi Liga Champions leg kedua melawan Besiktas dengan skor 1-0 di Emirates Stadium. Sementara empat pertandingan lainnya berakhir imbang di mulai dari leg pertama melawan Besiktas (0-0), Everton (2-2), Leicester City (1-1) dan Manchester City (2-2) di Premier League.

Babak Pertama

Banyaknya pemain yang cedera di lini belakang Arsenal, memaksa Arsene Wenger memainkan bek muda yang baru berusia 19 tahun, Hector Bellerin yang diplot sebagai bek kanan menggantikan Mathieu Debuchy yang cedera dan Calum Chambers yang belum fit untuk bermain dari awal laga.

Danny Welbeck juga dimainkan sang profesor sebagai ujung tombak tim, yang ditopang oleh Mesut Ozil, Alexis Sanchez, Aaron Ramsey dan juga Jack Wilshere. Mikel Arteta juga kembali bermain kembali dalam pertandingan ini, pasca sembuh dari cedera.

Sementara tuan rumah yang diarsiteki Jurgen Klopp, membangkucadangkan Shinji Kagawa dan mengganti tempatnya dengan pemain Armenia, Henrikh Mkhitaryan dan menopang Ciro Immobile sebagai penyerang tunggal di depan dalam formasi 4-2-3-1

Tekanan langsung dilancarkan Die Borussen (julukan Dortmund) dari menit pertama. Bahkan drama sudah terjadi di menit kelima saat Mkhitaryan yang menusuk ke dalam kotak penalti Arsenal diberi kartu kuning akibat dinilai wasit melakukan diving. Mkhitaryan dinilai menjatuhkan diri, setelah Laurent Koscielny coba menghentikan lajunya.

The Gunners (julukan Arsenal) tak dapat keluar dari tekanan para pemain Dortmund dan hanya mampu bertahan turun hingga second line atau garis tengah lapangan. Serangan balik pun coba dilancarkan Arteta dkk melalui kecepatan Welbeck dan Sanchez.

Laga berjalan hingga menit 21, kedudukan masih sama kuat 0-0. Peluang demi peluang yang dihasilkan Dortmund, belum ada yang mampu dikonversi menjadi gol. Sementara peluang Arsenal yang diciptakan oleh Sanchez, tak berarti karena terlebih dahulu offside.

Dortmund nyaris saja unggul di menit 26, saat Pierre Erick Aubameyang mendapatkan peluangnya. Beruntung bola sepakannya masih dapat ditepis Wojciech Szczesny dengan baik. Sektor kanan pertahanan Arsenal yang dihuni oleh Bellerin, kembali diekspos para pemain Dortmund.

Memasuki menit ke 35, penguasaan bola 54-36 persen dimiliki Dortmund atas Arsenal. Namun kokohnya pertahanan Arsenal yang digalang Per Mertesacker-Laurent Koscielny, serta ketangguhan Szczesny menjaga gawangnya. Membuat skor tidak berubah.

Wellbeck! Hampir saja ia mencetak gol di menit 40. Memanfaatkan kesalahan pemain Dortmund, Ramsey merebut bola dan mengembalikannya ke Wellbeck yang tidak offside, sayang bola sepakannya menyamping di kanan gawang Roman Weidenfeller.

Immobile! Tepat di penghujung babak pertama, ia mencetak gol untuk mengubah kedudukan 1-0 bagi Dortmund. Eks pemain Torino ini melakukan solo run dari tengah lapangan, merangsek ke kotak penalti Arsenal dan mencetak gol. Koscielny dan Kieran Gibbs pun tak dapat menghentikannya. Serangan balik cepat Arsenal tadi, menjadi penutup babak pertama ini.  

Babak Kedua

Arsenal mendapatkan serangan fajar, ketika babak kedua baru berjalan dua menit. Melalui proses serangan balik yang sama, Aubameyang melakukan operan satu dua dengan Kevin Groskreutz, dan menyelesaikannya dengan baik setelah mengelabui Szczesny. 2-0 Dortmund menjauh.

Peran Ozil dalam pertandingan ini kembali tak terlihat. Bahkan ia cenderung terlihat frustasi, seperti yang diperlihatkannya di menit 54 saat melanggar Marcel Schmelzer yang berujung kartu kuning.

Guna menambah daya gedor tim, Wenger memasukkan Santi Cazorla dan Alex Oxlade Chamberlain menggantikan Ozil dan Ramsey di menit 61.

Dortmund coba menurunkan tempo permainan dan mempertahankan keunggulan, seraya menyerang dengan serangan balik. Sementara Arsenal ganti menyerang dan coba mengejar defisit dua gol.

Arteta tampak belum siap memainkan pertandingan ini. Blundernya di menit 73 ini, hampir saja berbuah gol kembali untuk Dormund. Beruntung Mkhitaryan tak mampu mengonversi peluangnya menjadi gol, saat tinggal berhadapan dengan Szczesny.

Peluang demi peluang yang dimiliki Arsenal, tak mampu menembus pertahanan solid Dortmund yang bertahan untuk mempertahankan keunggulan. Hingga akhir laga, skor berakhir 2-0 untuk kemenangan tuan rumah Dortmund.

Susunan Pemain:

Borussia Dortmund: Roman Weidenfeller, Neven Subotic, Sokratis Papastathopoulos, Marcel Schmelzer (Milos Jojic 78’), Erik Durm, Sebastian Kehl (Matthias Ginter 46’), Sven Bender, Kevin Groskreutz, Henrikh Mkhitaryan, Pierre Erick Aubameyang, Ciro Immobile (Adrian Ramos 85’)

Arsenal: Wojciech Szczesny, Hector Bellerin, Per Mertesacker, Laurent Koscielny, Kieran Gibbs, Mikel Arteta (Lukas Podolski 76’), Aaron Ramsey (Santi Cazorla 61’), Jack Wilshere, Alexis Sanchez, Mesut Ozil (Alex Oxlade Chamberlain 61’), Danny Welbeck.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini