Share

MIT Berjaya di Puncak Kampus Dunia

Rifa Nadia Nurfuadah , Okezone · Selasa 16 September 2014 16:56 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 16 373 1039944 EEkapM7L6i.jpg Perguruan tinggi AS dan Inggris merajai dunia. Dalam pemeringkatan terbaru QS World Universities, MIT menempati posisi puncak. (Foto: MIT)
A A A

JAKARTA - Perguruan tinggi Amerika Serikat (AS) dan Inggris merajai dunia. Dalam pemeringkatan terbaru QS World Universities, Massachusetts Institute of Technology (MIT) menempati posisi puncak. 

Enam dari sepuluh kampus elite dunia tersebut ada di AS dan empat kampus lainnya berasal dari Inggris. Penilaian QS World University Rankings sendiri mempertimbangkan faktor riset, pengajaran, kepegawaian dan internasionalisasi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Setelah MIT, ada Cambridge University dan Imperial College London. Peringkat kampus ini meningkat tajam dan meninggalkan Harvard University,   University of Oxford dan University College London. 

Kepala Riset QS, Ben Sowter, menjelaskan, resesi membuat pemerintah dan sektor swasta menaruh perhatian pada riset berdampak besar di bidang  science, technology, engineering, dan mathematics (STEM). Kebanyakan, riset tersebut dilakukan di institusi khusus.

"Institusi-institusi  berbasis teknologi berlomba-lomba melahirkan berbagai inovasi. Bujet dari sumber pemerintah yang cukup ketat membuat institusi tersebut lebih fokus dari sebelumnya dalam riset di bidang sains, teknologi dan kedokteran," kata Sowter, seperti dikutip dari CNBC, Selasa (16/9/2014).

Kampus AS lainnya yang masuk 10 besar pemeringkatan dunia adalah Stanford University, California Institute of Technology, Princeton University dan Yale University. Meski AS mendominasi pemeringkatan tersebut, banyak mahasiswa yang memiliki fokus segera mendapatkan kerja setelah lulus memilih Inggris sebagai negara tujuan studi. Merujuk data QS, dua perguruan tinggi tua di Inggris ternyata melahirkan banyak wisudawan yang siap kerja.

Sebaliknya, mahasiswa dengan banyak uang memilih Harvard University.  Selain itu, sesuai pemeringkatan yang dilakukan Wealth-X, kampus Harvard dikenal melahirkan banyak lulusan. Tercatat, 52 lulusannya kini merupakan miliarder dunia termasuk pendiri Facebook Eduardo Saverin dan bankir berdarah Swiss-Brazil, Jorge Lemann.

Berikut 10 kampus elite dunia versi QS World Universities

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT); AS

2. University of Cambridge; Inggris

2. Imperial College London; Inggris

4. Harvard University; AS

5. University of Oxford; Inggris

5. University College London (UCL); Inggris

7. Stanford University; AS

8. California Institute of Technology (Caltech)

9. Princeton University; AS

10. Yale University; AS

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini