Share

Mekanik Honda Beradu Keterampilan Teknik Tingkat Nasional

Arpan Rachman, Okezone · Senin 15 September 2014 10:26 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 15 53 1039109 epmkOCX4Ue.jpg F: Mekanik Honda Beradu Keterampilan Teknik Tingkat Nasional (Arpan / Okezone)

MAKASSAR - Final Kontes Keterampilan Teknik Nasional Honda 2014 digeber PT Astra Honda Motor (AHM) di Makassar, 13-14 September 2014. Ini kedua kalinya Kota Angin Mamiri menjadi tuan rumah setelah perhelatan edisi 2007 silam.

"Kebanggaan kami menyambut tamu dari seluruh Indonesia. Ajang ini meningkatkan motivasi para mekanik dan service advisor Honda untuk terus berprestasi dan menambah kualitas pelayanan," tukas Denny Teguh, Kepala Wilayah PT Astra International Honda-Makassar.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Bertindak sebagai tuan rumah, Astra Motor Main Dealer Makassar, kontes final ini mempertandingkan mekanik dan service advisor terbaik dari seluruh Indonesia. Sebelum final kontes ini dipanggungkan, jaringan main dealer Honda telah menarungkan para kontestan dalam seleksi uji kompetensi teknik.

"Kegiatan uji kompetensi teknik para ujung tombak bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) tahun ini diikuti 3.542 mekanik Honda dan 1.564 service advisor dari berbagai wilayah di Indonesia," kata Wedijanto Widarso, General Manager Technical Service Division PT Astra Motor Honda, kepada Okezone di Makassar, Minggu (14/9/2014).

Dijelaskan, kancah kompetisi ini diinisiasi sejak 1992. Sebelum kontes final, dari seleksi regional dipilih 27 mekanik dan 27 service advisor terbaik dari 3.700 AHASS se-Indonesia. 54 finalis itu berhak tampil mengulik peranti motor secara teknis hingga sempurna di Makassar.

Uji keterampilan teknik dan nonteknik harus dilewati para kontestan yang bertarung. Cakupannya bagi mekanik meliputi ujian teori, analisa teknis, praktik penggunaan peralatan bengkel, pengukuran, bongkar-pasang, dan penanganan masalah pada kendaraan. Sedangkan para service advisor diuji penguasaan teori, teknik dan praktik dalam bentuk studi kasus atau permainan peranan yang ditentukan panitia. Selengkapnya terdapat 40 item kompetensi yang harus dikuasai para finalis supaya menang.

Pemenangnya berhak atas hadiah utama masing-masing satu unit sepeda motor Honda Verza 150 CW, paket tur wisata bagi tiga pemenang utama, serta hadiah hiburan dari rangking 2 sampai 10.

"Uji kompetensi dirancang AHM dengan mengacu pada implementasi teknologi injeksi PGM-FI Honda. Sehingga, para mekanik dan service advisor dapat membuktikan kesiapannya memberi layanan terbaik di era injeksi, di mana saat ini semua motor Honda telah berteknologi injeksi yang ramah lingkungan," tutur Ahmad Muhibbuddin, Deputy Head of Corporate Communication PT Astra Honda Motor.

Dua kategori unjuk keterampilan kontes final ini mempersaingkan para mekanik versus mekanik dan service advisor kontra service advisor. "Service advisor itu adalah sebagai seorang tenaga advisor di bengkel kami yang menerima konsumen di depan. Selain menerima konsumen, dia harus menganalisa keluhan-keluhan yang dikemukakan oleh konsumen untuk dituangkan di dalam satu form. Nanti form itu akan menjadikan sebagai media acuan mekanik bekerja," urai Handy Hariko, Senior Manager Technical Training Department PT Astra Honda Motor.

Sementara kalau mekanik itu semuanya yang menyelesaikan masalah teknis dan perawatan yang rutin maupun problem lain yang harus dibereskan. "Itu mekanik melakukannya di pit. Jadi mekanik tidak langsung ke konsumen. Kecuali kalau ada masalah, baru dia akan minta konsumen berkomunikasi langsung. Mekanik hanya mengerjakan berdasarkan petunjuk advisor," sambung Handy kepada Okezone.

Berikut 10 Besar Final Kontes Keterampilan Teknik Nasional 2014:

Service Advisor

1. Agus Pratama - Tunas Dwipa Matra, Lampung.

2. Doni Ahmad Handoko - Daya Adicipta Mustika, Jawa Barat.

3. Nur Hariyanto - Mitra Pinasthika Mulia, Jatim.

4. Khusnul Irfan - Astra Motor Semarang - Jateng.

5. Tedi Eka Budiana - Astra Motor Jogja - DIY.

6. Ribut Wahyudi - Astra Motor Makassar - Sulsel.

7. Novi Subardjo - Astra Motor Denpasar - Bali.

8. Muh. Hasim - Astra Motor Pontianak, Kalbar.

9. Panji Asmara - Astra Motor Bengkulu - Bengkulu.

10. Wili Sobriana - Astra Motor Palembang - Sumsel.

Mekanik

1. Sobirin - Daya Adicipta Mustika, Jawa Barat.

2. Moch. Syamsudin - Mitra Pinasthika Mulia, Jatim.

3. Puji Wahono - Tunas Dwipa Matra, Lampung.4. Joko Subagio - Capella Dinamik Nusantara, Riau.

5. Syukur - Astra Motor Makassar - Sulsel.

6. Ahmad Suryadi - Astra Motor Mataram - NTB.

7. Waluyo - Wahana Makmur Sejati, Jakarta

8. Teguh Santoso - Astra Motor Jogja - DIY.

9. I Nyoman Putrayana - Astra Motor Denpasar - Bali.

10. Nispi Rohmansyah - Astra Motor Semarang - Jateng.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini