Share

Garuda Muda Bantai Timor Leste

Reza Jailani, Okezone · Senin 15 September 2014 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 15 51 1039399 OLo2yiS7Z4.jpg Selebrasi gol Timnas U-23 (Foto: Sindo)
A A A

GOYANG – Garuda Muda mengawali cerita di Asian Games 2014 dengan manis. Bayu Gatra dkk melumat Timor Leste U-23 dengan tujuh gol tanpa balas. Dengan kemenangan ini Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 memuncak klasemen sementara Grup E.  Ferdinand Sinaga menjadi pemain bintang pada laga ini dengan mencetak empat gol.

Sepanjang laga, terlihat jelas kualitas tim arahan coach Aji Santoso di atas Timor Leste yang nyaris tak memberikan ancaman ke gawang Andritany Adhiyasa. Selanjutnya Garuda Muda akan bertemu dengan Maladewa U-23 pada Kamis 18 September 2014.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Jalannya pertandingan

Babak  pertama

Kick-off di Goyang Stadium! Timnas langsung memberikan tekanan sejak menit pertama, Ramdani Lestaluhu dkk coba mendominasi dengan penguasaan bola. Begitu juga dengan Timnas Timor Leste yang coba memberikan perlawanan.

Gol! Ferdinand Sinaga langsung memberikan keunggulan bagi Indonesia di menit kelima. Gol diawali dengan penetrasi dari sisi kanan pertahanan Timor Leste, Bayu Gatra dengan cepat melepaskan umpan mendatar ke Ferdinand yang berdiri tanpa kawalan dan menyambar bola dengan tenang. 1-0 Indonesia unggul.

Selanjutnya tekanan demi tekanan dilancarkan tim arahan Aji Santoso untuk mencari gol kedua. Tak menunggu lama, jala gawang Timor Leste kembali bergetar pada menit sembilan.

Sinaga! Kembali memperlihatkan ketenangannya sebagai finisher tim. Pria 25 tahun itu mengecoh satu bek Timor Leste sebelum melepaskan tembakan keras menghujam gawang Ramos Maxanches. 2-0 skor sementara untuk Indonesia.

Tiga menit berselang, giliran Timor Leste mengancam gawang Timnas. Namun tendangan spekulasi dari luar kotak penalti mereka masuk melambung, gawang Andritany masih aman.

 

Hingga menit 20 pertandingan berjalan dengan tempo sedang. Indonesia lebih bermain secara kolektif dari kaki ke kaki, sedangkan Timor Leste kerap melakukan umpan langsung ke depan.

Ketinggalan dua gol, Timor Leste coba melakukan perubahan taktik pada menit 25. Silva Araujo masuk menggantikan Olegario Pereira untuk menambah daya gedor lini depan mereka.

Kans kembali menghampiri Garuda Muda, kali ini melalui Ramdani Lestaluhu. Mendapatkan bola liat di dalam kota penalti, namun Ramdani tak mampu mengonversinya menjadi gol ketiga bagi timnas pada menit 27. Skor masih 2-0 untuk Timnas.

Begitu juga dengan percobaan yang dilakukan Alvin Ismail lima menit berselang. Sepakannya masih belum mengenai sasaran tembak. Garuda muda terlihat semakin nyaman dalam melakukan penguasaan bola.

Hattrick! Ferdinand Sinaga! Pemain kelahiran Bengkulu itu melepaskan tembakan keras dengan kaki kirinya dari dalam kotak penalti lawan. Gol diawali dengan umpan jauh yang akurat dari lini kedua Timnas. Baru berjalan 36 menit, Garuda Muda sudah unggul tiga gol dari Timor Leste.

Lima menit sebelum turun minum, Timnas dengan leluasa membangun serangan dari daerah sendiri. Sedangkan Timor Leste bermain bertahan dengan menunggu serangan dilakukan oleh Timnas.  Hingga peluit panjang berbunyi, Indonesia unggul 3-0.

Babak kedua

Masih dengan tempo dan pola permainan yang sama, Timnas langsung mendapat peluang satu menit babak kedua berjalan. Syakir Sulaiman melakukan percobaan, namun tendangan spekulasinya jauh melebar.

Lima menit berselang, permainan Timor Leste meningkat. Felipe Bertoldo dkk bermain lebih baik dalam menyusun serangan dengan memanfaatkan lebar lapangan. Dua tendangan penjuru didapat dan satu di antaranya menjadi peluang, sayang sundulan pemain Timor Leste masih menyamping.

Menit 56 tendangan percobaan jarak jauh kembali dilakukan oleh Timnas, kali ini Ahmad Jufriyanto mengambil inisiatif itu. Tembakannya masih masih membentur pemain bertahan Timor Leste, meghasilkan sepakan penjuru. Begitu pun dengan sundulan Alfin Tuasalamony yang masih melambung. Skor masih 3-0 untuk Garuda Muda.

Penjaga gawang Timor Leste, Ramox Maxanches terbaling di lapangan setelah berbenturan dengan rekan satu timnya saat mengantisipasi serangan yang dibangun Timnas. Walau demikian, Maxanches masih dapat melanjutkan permainan pada menit 60.

Belum ada peluang matang yang tercipta setelah babak pertama berjalan 20 menit, Timnas belum dapat menambah keunggulan, sedangkan O Sol Nascente-julukan Timor Leste- masih kesulitan menembus pertahanan Garuda Muda.

Coach Aji Santoso melakukan penyegaran pada menit 70, Fandi Eko Utomo masuk menggantikan pemain bernomor punggung 9, Syakir Sulaiman. Pertandingan sendiri masih berjalan dengan tempo sedang.

Berbahaya! Indonesia mendapatkan peluang pada menit 75, Fandi Eko mendapat ruang tembak di dalam kotak penalti lawan. Sayang, sepakannya masih lemah dan dengan mudah di amankan kiper lawan. Bayu Gatra kembali menjadi key passer pada peluang ini.

Penalti! Pemain bernomor punggung 21 menyentuh bola dengan tangan di dalam kotak penalti, wasit tanpa ampun menunjuk titik putih. Alvin sukses menyelesaikan tugasnya sebagai eksekutor dengan menaklukan Maxanches yang bergerak ke lain arah. 4-0 untuk Indonesia pada menit 78.  

Novri Setiawan! Gol! Menceploskan bola untuk kelima kalinya pada menit 80. Pemain pengganti itu berhasil mengecoh kiper sebelum melepas tembakan mudah. Lima gol Indonesia unggul. Tiga menit berselang, Ferdinand Sinaga kembali masuk dalam daftar pencetak gol untuk keempat kalinya pada pertandingan ini, ketenangan kembali ia tunjukan dengan mengecoh satu pemain bertahan Timor Leste sebelum melepaskan tembakan. 6-0 untuk Indonesia.

Pesta gol tak berhenti sampai di situ, Fandi Eko kembali menambah pundi-pundi gol Timnas pada menit 85. Berawal dari penetrasi Ferdinan yang melepaskan tembakan, namun masih dapat dimentahkan oleh Maxanches. Bola liar mengarah ke Fandi yang berlari, sontekan kecil nan terarah menyelesaikan kemelut dengan sebuah gol. 7-0 Aji Santoso tersenyum lebar.

Selanjutnya, tekanan dari Timnas tak mengendur di lima menit terakhir. Walau pada akhirnya tak ada tambahan gol yang tercipta di sisa waktu. Peluit panjang terdengar di Goyang Stadium, dengan demikian Garuda Muda berhasil mengamankan tiga poin pertama di Korea Selatan.

Susunan pemain:

Indonesia U-23: Andritany Ardhiyasa; Alfin Tuasalamony, Manahati Lestusen, Victor Igbonefo, Dany Saputra; Ahmad Jufriyanto (Rasyid Bakri 80’), Dedi Kusnandar,Ramdani Lestaluhu ,Syakir Sulaiman (Fandi Eko 70’),Bayu Gatra; Ferdinand Sinaga.

Timor Leste U-23: Ramos Maxanches; Adeluno Manek de oliviera, Anggisu de Almeida Barbosa, Diogo Santos Rangel, Filipe Oliviera; Ezequiel dos Santos Fernandes, Marcos Gusmao, Nicolau Soares Fernandes, Olegario Pereira Boavida (Silva Araujo 25’); Carlos de Araujo Magno (Riccardo (67’), Fellipe Bertoldo Dos Santos.

Lihat Video Timnas U-23 Pesta Gol

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini