Share
Advertisement

NASA Unggah Aktivitas Badai Matahari

Advent Jose , Jurnalis-Minggu 14 September 2014 15:05 WIB
Ilustrasi NASA Unggah Aktivitas Badai Matahari (foto : Softpedia)
Ilustrasi NASA Unggah Aktivitas Badai Matahari (foto : Softpedia)
A
A
A
WASHINGTON - Awal pekan ini matahari mengalami sebuah ledakan besar di permukaannya sehingga menimbulkan sebuah badai. Badai tersebut menembakan sebuah ‘flare’ atau jilatan api menuju Bumi.

Flare tersebut didokumentasikan pada 8 dan 10 September. Bahkan,  badai tersebut telah mencapai planet Bumi pada 11-12 September kemarin.

NASA kemudian merilis sebuah video yang menampilkan fenomena tersebut. Flare ini masuk dalam kategori X1.6 class one, namun jilatan api tersebut bukan merupakan kategori flare terkuat dari matahari. NASA mengatakan, flare itu memiliki semburan yang kuat.

Seperti diketahui, badai matahari diperkirakan menimbulkan gangguan sinyal telekomunikasi dan GPS. namun belum ada keterangan mengenai dampak yang gangguan yang ditimbulkan oleh badai tersebut.

Cipratan api matahari ini juga membuat sinar aurora di lintang utara planet bumi lebih jelas terlihat. Demikian dikutip Softpedia, Sabtu (13/9/2014).

(amr)

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement