Share

Alumni UGM Sampaikan 20 Rekomendasi untuk Jokowi

Fajar Nugraha , Okezone · Sabtu 13 September 2014 19:16 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 13 373 1038697 5SvLoHr7Z2.jpg Kagama DKI serahkan rekomendasi untuk Jokowi (Foto: Dok.UGM)
A A A

JAKARTA – Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) DKI Jakarta menyampaikan 20 rekomendasi pemikiran tentang artikulasi kejayaan Indonesia Raya yang diharapkan untuk bisa dipergunakan pemerintahan baru mendatang.

Pokok-pokok pemikiran dari hasil Focus Group Discussion tersebut diserahkan kepada Presiden terpilih Joko Widodo yang diwakili oleh Anies Baswedan selaku Deputi Tim Transisi.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dalam acara Temu Kangen Alumni Kagama DKI pada Jumat 12 September 2014, Balai Kartini, kata Ketua Kagama DKI, Budi Karya Sumadi menyampaikan ada 20 rekomendasi hasil pemikiran yang sesuai dengan semangat nawa cita yang diusung Jokowi-JK.

Budi menambahkan, butir-butir rekomendasi tersebut meliputi bidang ekonomi, hukum, pendidikan, dan budaya. Pemikiran tersebut menurutnya melibatkan puluhan pakar dan alumni UGM. Namun begitu, semua hasil pemikiran lebih diarahkan pada pendekatan budaya ketimbang teknokrasi.

“Yang kita tekankan bukan secara teknokrasi tapi secara kultural, bersifat mengubah mental dan merubah sikap hidup masyarakat, termasuk juga perubahan pemikiran pembangunan Jawa dan luar Jawa,” katanya, dalam keterangan tertulis UGM yang diterima Okezone, Sabtu (13/9/2014).

Salah satu isu penting dalam pemikiran yang disampaikan ke Jokowi tersebut diantaranya prioritas percepatan pembangunan untuk pengentasan daerah tertinggal, terluar  dan terbelakang yang selama ini lepas dari pantauan pemerintah pusat.

“Bayangkan di Jawa itu perputaran ekonomi lewat uang yang beredar hingga 57 persen, bandingkan  ekonomi yang beredar di daerah terluar tidak sampai 10 persen,” ujarnya.

Dalam butir-butir pemikiran Kagama DKI tersebut juga mendukung untuk dibangunnya tol laut, serta keberpihakan dan perhatian pemerintah terhadap daerah perbatasan dan terluar terutama untuk pertahan dan keamanan. “Kita tahu di perbatasan Kalimatan Utara hanya dijaga satu batalion, ini perlu diperhatikan,” terangnya.

Ketua pelaksana Reuni Kagama DKI, Eko Budiwiyono, mengatakan ada tiga isu pokok yang disampaikan dalam rekomendasi tersebut yakni pendidikan, kepemudaan, dan kebhinekaan. “Kita harapkan Indonesia segera menjadi bangsa yang besar dan disegani apalagi memegang tampuk kepemimpinan adalah alumnus UGM, ” katanya.

Anies Baswedan, mengatakan hasil pemikiran para alumni UGM ini akan diserahkan langsung kepada presiden terpilih Joko Widodo. Menurutnya pemikiran ini nantinya bisa membantu Jokowi dalam menjalankan roda pemerintahan kelak.

“Bisa dijadikan bahan dalam menjalankan amanat lima tahun ke depan, saya kira Universitas Gadjah mada tidak hanya memberi ‘sangu’ tapi juga menemani perjalanan kepemerintahan yang baik ke depan,” harapnya.

(faj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini