Share

Mercy Menang Lelang, Ini Komentar Toyota

Arief Aszhari, Okezone · Selasa 09 September 2014 18:27 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 09 52 1036595 Vo9ufFWB8f.jpg F: Toyota Crown Royal Saloon (Paultan)

JAKARTA- Kementerian Sekertariat Negara telah menunjuk Mercedes-Benz untuk menyediakan mobil dinas menteri/pejabat setingkat menteri, dan kendaraan mantan presiden dan mantan wakil presiden.

Dengan memenangkan lelang tersebut, nantinya mobil asal Jerman ini akan menggantikan Toyota Crown Royal Saloon sebagai mobil dinas menteri di era Joko Widodo. Lalu dengan digantinya mobil kementrian dengan Mercedes-Benz, apa tanggapan Toyota?

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Menurut Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Suparno Djasmin, pihaknya memang sudah mengajukan proposal. Pabrikan asal Jepang ini masih mengajukan model Toyota Crown Royal Saloon sebagai mobil dinas menteri. Namun jika pemerintah sudah menentukan mobil apa yang akan dipakai, pihaknya tidak bisa berbuat banyak.

"Yah kita ikuti pemerintah. Mungkin pemerintah punya kriteria lain seperti spesifikasi atau budget. Pastinya saya belum bisa berkomentar banyak, jika sudah ditetapkan kita tidak bisa apa-apa lagi," ujar pria yang akrab disapa Abong ini kepada wartawan di sela-sela Media Gathering Toyota Pre IIMS di Kopitiam Tan, SCBD, Jakarta Pusata.

Lebih lanjut Abong mengatakan, kemungkinan besar pemerintah memiliki krioteria terkait mobil menteri terbaru ini mengenai masalah spesifikasi atau harga Crown yang lebih mahal. "Saya tidak bisa berkomentar banyak, Crown saat ini memang tengah mengejar emisi dan tersedia dua pilihan mesin yaitu 3.0 liter dan 2.5 liter," tambahnya.

Seperti dilansir situs Setneg.go.id, Selasa (9/9/2014), Mercedez Benz telah memenuhi syarat, baik secara administrasi, teknis maupun harga. Nilai anggaran pengadaan mobil tersebut mencapai, Rp91.944.000.000.

Penawaran Mercedez Benz lebih murah dibandingkan nilai pagu Anggaran yang mencapai Rp104.400.000.000. Pemenang lelang tersebut telah ditetapkan sejak 28 Agustus 2014 melalui surat penetapan pemenang nomor S-01/PPBJ-PKMPSM/08/2014.

Kendati demikian belum diketahui, jenis mobil yang akan digunakan para menteri tersebut. Namun, bila, Kementerian di era Jokowi berjumlah 34. Maka harga satu mobil menteri sekira Rp1,5 Miliar hingga Rp2 miliar.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini