Share

Sabet CSI Study 2014, Pembuktian Kualitas Toyota

Septian Pamungkas, Okezone · Selasa 02 September 2014 12:41 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 02 52 1033087 hayRN6No0P.jpg F: Ilustrasi (Okezone)

JAKARTA - Toyota Indonesia berhasil menyabet penghargaan Indonesia Customer Service Index (CSI) Study 2014 dari J.D. Power Asia Pacific. Penghargaan diberikan setelah Toyota meraih posisi tertinggi sebagai perusahaan automotif kendaraan roda empat di Indonesia dengan pelayanan purnal jual terbaik kepada para pelanggan.

Lembaga jasa konsultasi marketing berskala global yang bermarkas di Singapura ini melakukan studi yang melibatkan 3.476 pemilik kendaraan yang menerima pengiriman kendaraannya pada periode Februari 2012—Mei 2013, dan melakukan servis kendaraan di bengkel resmi pada periode Agustus 2013—Mei 2014.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dari studi tersebut, Toyota memperoleh indeks tertinggi dengan 770 poin. Angka tersebut berada di atas rata-rata indeks 12 perusahaan automotif roda empat yang terlibat dalam study tersebut, yaitu sebesar 767 poin.

Sedikitnya ada tiga faktor yang mempengaruhi tingginya indeks Toyota diantaranya dianggap sebagai perusahaan otomotif dengan service advisor, service facility, dan service quality terbaik.

"Terima kasih kami ucapkan kepada semua team di Toyota yang telah bekerja keras sehingga Toyota dapat meraih penghargaan ini. Gelar ini tidak akan dapat diraih tanpa team work yang kuat dan improvement yang terus-menerus dilakukan demi kepuasan pelanggan," jelas President Director PT Toyota Astra Motor, Hiroyuki Fukui di Jakarta.

Lebih lanjut Fukui mengatakan pihaknya selalu berupaya untuk tetap menjaga kepercayaan dan selalu berusaha meningkatkan level kepuasan pelanggan dalam setiap tahapannya.

"Dengan jumlah varian produk yang banyak, jumlah unit penjualan yang tinggi, dan selaku APM dengan jaringan terbesar di Indonesia, adalah tantangan bagi Toyota untuk mempertahankan dan meningkatkan kepercayaan dari pelanggan."

Sementara itu, Vice President Director TAM, Suparno Djasmin, menambahkan bahwa CSI Study 2014 ini sebagai refleksi dari pasar terhadap improvement yang selama ini dilakukan Toyota terhadap pelanggan, yang merupakan bagian dari prinsip Toyota The Best Total Ownership Experience.

"Prestasi ini merupakan wujud dari komitmen kami untuk senantiasa menjaga kepuasan pelanggan dengan selalu memberikan yang terbaik kepada mereka. Rasa syukur dan bangga atas penghargaan ini akan kami wujudkan dengan terus meningkatkan serta mengembangkan layanan bagi para pelanggan Toyota," katanya.

Sebagai informasi, penghargaan CSI Study 2014 merupakan lompatan prestasi yang signifikan bagi Toyota Indonesia. Pasalnya, pada CSI Study 2013 Toyota hanya berhasil menduduki peringkat ke-7, dengan poin sebesar 755.

Toyota juga pernah meraih peringkat pertama dari J.D. Power Asia Pasific untuk kategori Customers Satisfaction Index (CSI) 2010, survei yang mempelajari kepuasan pelanggan terhadap pelayanan dalam kepemilikan kendaraan, dengan nilai 758 poin dari 1000 poin.

Bahkan pada 2010, selain CSI Toyota juga berhasil meraih J.D. Power untuk Sales Satisfaction Index (SSI) 2010 yang menitikberatkan pada proses pembelian kendaraan dan menjadi cerminan upaya peningkatan layanan secara keseluruhan yang dilakukan Toyota bagi kepuasan pelanggan.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini